Salah satu elemen penting yang wajib Kamu pertimbangkan dengan baik ketika mendekorasi sebuah ruangan adalah warna cat, tak terkecuali untuk kamar mandi. Kamar mandi merupakan area yang intensitas penggunaannya cukup tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk memakai warna-warna yang netral.

Seperti dilansir dari Forbes, pilihlah warna netral seperti putih untuk dinding kamar mandi agar dapat menghadirkan kesan bersih,. Warna putih dapat memperlihatkan noda dengan mudah sehingga Kamu bisa langsung melakukan pembersihan ketika dinding tampak kotor.

Selain itu, ada pula warna netral lainnya seperti krem, kuning muda, atau merah muda lembut. Ketiga warna ini bisa memancarkan cahaya ambient alami di sekitar ruangan. Tak hanya itu, pilihan warna ini pun juga dapat memberikan pantulan cahaya yang bagus di cermin.

Sedangkan untuk pemilihan warna lemari atau rak penyimpanan, Kamu bisa memilih warna-warna yang lebih berani seperti merah, biru, atau hijau muda. Kamu juga bisa memilih warna seperti abu-abu berkabut atau hijau sage di area lemari agar menciptakan kesan modern.

Ingat, kelembabapan adalah musuh utama bagi tampilan cat. Misalnya kelembaban dari uap air di pancuran bisa merembes di antara dinding dan lapisan cat. Bila dibiarkan saja, ini bakalan membuat tekstur dinding menjadi bergelombang dan mengelupas sehingga tak enak dipandang mata.

Sebagai solusinya, Kamu bisa memilih cat dengan lapisan mengkilap (glossy) lantaran jenis cat ini tahan pada kelembaban dan gampang untuk dikeringkan. Cat jenis ini juga bisa membentuk lapisan keras untuk menghalangi air serta membuat air menetes ke lantai sehingga tidak meresap ke dinding gipsum atau kayu.

Jangan gunakan produk yang dirancang hanya untuk penggunaan luar, seperti cat batu misalnya. Memang terdapat beberapa cat yang bisa untuk membuat dinding eksterior menjadi lebih tahan air. Hanya saja, cat jenis ini mengandung sejumlah senyawa berbahaya yang bisa menimbulkan masalah pernapasan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply