Ketika Kamu lagi di Cirebon dan nyari tempat buat dikunjungi, mungkin Kamu bisa menuju ke Keraton Kacirebonan. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang kaya akan sejarah. Banyak sekali benda-benda koleksi peninggalan jaman dulu yang bisa Kamu saksikan.

Daya Tarik Keraton Kacirebonan

1. Bangunan Keraton yang Indah

Ketika Kamu memasuki bangunan utama dari Keraton, maka akan nampak warna yang didominasi oleh unsur hijau. Terdapat 8 tiang yang berfungsi sebagai pilar utama untuk menopang.

Keraton ini memiliki bagian berupa serambi keraton yang juga dikenal dengan sebutan ruang jinem prabayaksa. Di ruangan inilah sultan melakukan perjamuan dengan kuno. Selain itu, ruangan ini juga dijadikan tempat untuk dilangsungkan acara ritual keraton.

2. Benda-Benda Kuno

Keraton Kacirebonan mempunyai banyak sekali koleksi benda-benda yang kaya akan sejarah. Terdapat koleksi tombak, pedang, serta peralatan untuk membuat jamu atau param yang mana masih berupa batu. Bahkan, Kamu juga bisa menemukan benda-benda yang kental dengan budaya Islam, seperti kitab zaman wali dan gamelan.

Keseruan-keseruan yang DiLakukan

1. Berburu Foto

Sudah tentu salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika lagi liburan adalah berfoto ria. Di Keraton Kacirebonan ini, ada banyak sekali spot foto klasik yang bisa digunakan untuk berfoto.

Berfoto dengan koleksi benda-benda peninggalan zaman dahulu dan ruangan dengan gaya arsitektur kuno juga merupakan hal yang cukup unik dan tak kalah instagramable jika dibandingkan dengan spot foto di tempat wisata lainnya.

2. Berkeliling Wilayah Keraton

Keraton Kacirebonan memiliki luasan area hingga 46.500 m². Dengan area yang begitu luas tersebut tentunya Kamu bakal merasa puas ketika menjelajahi isi keraton. Berjalan-jalan berkeliling keraton bisa bikin pikiran jadi rileks dari penat aktivitas sehari-hari.

3. Menikmati Ragam Koleksi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak sekali koleksi yang ditampilkan. Kamu bisa menyaksikan dan menikmati benda-benda peninggalan zaman dahulu tersebut. Dengan mengamati koleksi benda-benda peninggalan kuno tersebut, tentu akan membawa imajinasimu ke zaman dahulu ketika kerajaan Cirebon masih berjaya di Indonesia.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan keraton kacirebonan yang berlokasi di Kecamatan Pekalipan, Cirebon, provinsi Jawa Barat ini Kamu tak perlu membayar mahal. Harganya sebagai berikut:

  • Wisatawan umum : Rp 15.000,
  • Pelajar : Rp 10.000,
  • Wisatawan asing : Rp 20.000.

Oh ya, jangan lupa untuk ongkos parkirnya. Untuk sepeda motor akan dikenai tarif sebesar Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Tempat wisata ini beroperasi pada pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Disadur dari javatravel.net

Leave A Reply