Investasi Properti

Sebelum kita jualan properti, penting banget nih buat paham soal lokasi yang oke. Lokasi yang bagus bisa nentuin harga jual dan prospek untung di masa depan, lho!

Tapi, jangan kebanyakan fokus di pusat kota atau area yang udah maju. Lokasi yang oke buat investasi itu di area sekitar kota, tapi deketan sama fasilitas umum.

Properti di kawasan baru memang berisiko, soalnya bisa sepi peminat dan aksesnya belum bagus. Tapi, kalo kita cermat liat proyek infrastruktur di sekitarnya, harga properti bisa naik banyak!

Nah, berikut ini ada beberapa cara buat tau lokasi potensial buat investasi properti:

Cari Tau Lokasinya

Kalo kita nggak tau banyak soal lokasi yang mau kita incar, jangan ragu buat datang langsung kesana. Kita bisa cek rute akses dan macetnya di sekitar lokasi. Terus catat jaraknya ke fasilitas umum kayak mal, sekolah, rumah sakit, dan akses transportasi. Jarak hunian ke pusat aktivitas sebaiknya nggak lebih dari 7km.

Tanya-Tanya

Setelah liat langsung, jalan-jalan di sekitar properti, deketin warga atau tokoh masyarakat buat cerita soal sejarah lokasi, kondisi lingkungan, dan rencana pembangunan infrastruktur. Bertanya banyak akan dapetin fakta dan data menarik buat dipelajari. Kalo ternyata nggak ada rencana proyek atau akses jalan bagus dalam beberapa tahun ke depan, mending cari lokasi lain yang lebih oke.

Bandingin Harga

Sebelum nawar harga sama pemilik tanah, cek dulu harga tanah sekitar yang baru aja dijual. Bisa juga tanya agen properti yang spesialis di area itu. Nah, data harga pasaran ini bakal jadi pegangan kuat buat nawar harga yang cocok dan bikin untung.

Cek Kenaikan Harga dan Sewa

Ingat, calon pembeli bukan cuma pengguna akhir, tapi juga investor yang mau sewain properti. Jadi, kita harus paham kenaikan harga tanah per tahun dan tarif sewa dalam persen (rental yield). Umumnya, rental yield itu sekitar 5% dari harga jual properti. Kalo kenaikan harga tanah per tahun antara 5% sampai 20%, itu udah oke banget!

Dengan cara-cara di atas, kita bisa tau lokasi potensial buat investasi properti yang bakal untung dan bikin pelanggan seneng. Gaskeun!

Disadur dari rumah.com

Leave A Reply