Desain Rumah

Nah, bagi yang mau bikin apartemen minimalis, nih ada beberapa tips penting buat bikin sesuai harapan dan kebutuhan. Soalnya apartemen biasanya punya space terbatas, jadi konsep minimalis jadi relevan banget.

Dikutip dari The Spruce, para desainer interior berbagi tips konkret buat bikin apartemen minimalis:

1. Pilih furnitur dan ruang penyimpanan yang pas

Enggak semua furnitur cocok buat konsep minimalis. Penyimpanan harus dipikirin matang pas pilih furnitur. Setiap furnitur sebaiknya bisa ngejalanin dua tugas. Tapi tetep keliatan simpel dan ramping. Contohnya, furnitur bisa jadi tempat nyimpen, tapi enggak keliatan kaku. Di kamar, manfaatin space di bawah kasur buat nyimpen baju musiman.

2. Aksesoris juga penting, tapi jangan lebay atau asal

Aksesoris harus punya tujuan dan nggak lebay. Semua aksesoris dianggap kayak karya seni. Misalnya, vas bunga atau benda yang bisa nambah nuansa hidup di ruangan.

3. Warna dan tekstur itu penting

Pastinya warna neon dan pola ribet nggak cocok buat apartemen minimalis. Paletnya biasanya netral atau monoton. Cukup pake warna yang mirip atau dalam tone yang sama, biar tetep tenang dan nyaman. Tapi meski gitu, bisa juga mainin tekstur di seluruh ruangan. Mainkan tekstur halus dan perbedaan warna yang senada.

4. Jangan kebanyakan barang

Dalam konsep minimalis, barang-barang di apartemen harus punya guna dan arti. Jangan banyak barang yang serupa. Penting juga nggak nyimpen barang yang jarang dipake. Bahkan, buang barang yang enggak penting. Fokusnya ke barang yang dipake tiap hari. Biar barangnya gampang diliat dan dijangkau.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply