Perawatan Rumah

Tanaman lidah mertua atau snake plant adalah tanaman yang gampang dirawat dan bisa jadi tambahan keren buat koleksi tanaman hias di rumah lo. Gak cuman bentuknya yang simpel, ternyata lidah mertua juga punya manfaat buat meningkatkan kualitas udara, jadinya cocok banget nih buat di daerah perkotaan.

Tanaman lidah mertua ini termasuk tumbuhan sukulen, jadi dia bisa nyimpen air di daunnya dan mengatur kadar kelembaban yang dibutuhkannya sendiri.

Namun, meski tanaman ini bisa berkembang di kondisi yang minim perawatan, tanaman ini tetap juga bisa kena penyakit loh.

Dilansir dari laman House Digest, salah satu penyakit yang bisa nyerang tanaman ini dan bahkan bikin mati adalah penyakit busuk akar. Penyakit busuk akar ini biasanya suka nyerang kelompok tanaman penyuka lingkungan kering.   

Busuk akar tuh pertanda dari masalah yang lebih serius, seperti infeksi jamur, serangan serangga, atau kelembaban yang berlebih.

Gejala awal penyakit ini mungkin bikin tanaman lidah mertua bisa keliatan kaya kekurangan air, jadinya sama si pemilik malah disiram terus.

Beberapa gejala penyakit ini antara lain daun layu atau terkulai, daun tampak kusam, dan daun bertepi coklat dan berujung. Sebab, akar tanaman udah terganggu sehingga gak bisa menyerap nutrisi atau oksigen dengan baik.

Kalo lo ngerasa lidah mertua di rumah lo kena busuk akar, langsung cabut dan cek akarnya. Akar yang sehat bakal keras pas disentuh dan berwarna putih, hijau muda, atau mungkin oranye terang. Kalo akarnya nggak sehat, bakal keliatan lembek dan lemah, warnanya oranye tua atau coklat, dan bau busuk.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply