Jadi, Dr. Ir. Ciputra adalah seorang tokoh bisnis dan pengembang properti top dari Indonesia, lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, tanggal 24 Agustus 1931. Abis dia wafat tanggal 27 November 2019, tapi jejaknya masih hidup banget lewat karya-karya dan perusahaan yang dia bangun.

Blio pendidikannya dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dapet gelar arsitektur dan teknik sipil dari sana. Setelah lulus, blio mulai jalanin karirnya sebagai arsitek sebelum akhirnya melipir ke bisnis properti.

Awalnya, blio mendirikan Ciputra Group, perusahaan pengembang properti yang jadi pemain kunci di Indo. Lewat perusahaan ini, blio terlibat di berbagai proyek pembangunan, kayak bikin perumahan, mal, sama kawasan industri.

Ciputra Group, di bawah pimpinan dia, bener-bener nyumbang buat bentuk kota-kota di Indo. Mereka terlibat di proyek-proyek kota yang jadi bagian penting dari pembangunan kota di Indo.

Bukan cuma pengusaha, blio juga orang yang peduli, lho. Blio bikin Yayasan Ciputra, yang fokusnya ke pendidikan dan pengembangan masyarakat. Lewat yayasan itu, blio berkontribusi buat proyek pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Pak Ciputra juga dapet penghargaan di kancah nasional dan internasional, menunjukkan peran blio sebagai tokoh bisnis top di Indo.

Pak Ciputra enggak cuma dikenang sebagai pengusaha sukses, tapi juga sebagai pemimpin yang punya visi dan jadi pionir pembangunan kota di Indo. Meskipun udah pergi, warisannya masih terus dijalankan lewat Ciputra Group dan Yayasan Ciputra, nyambungin visinya buat bikin perubahan positif di Tanah Air.

Disadur dari online.ciputra.ac.id

Leave A Reply