Beberapa orang tak jarang menyewa apartemen sebelum membeli rumah impian. Tinggal di apartemen bisa menjadi sebuah momen yang menyenangkan, apalagi jika baru pertama kali.

Jika Kamu punya niatan untuk tinggal di apartemen, ada hal-hal yang harus Kamu siapkan sebelunya, mengutip Point2Homes, berikut poin-poinnya:

1. Keuangan cukup

Sebelum Kamu searching-searching apartemen, cek dulu apakah bujetmu cukup. Ya percuma dong kalau gak ada duit. Soal bujet ini pun tidak hanya sekedar iuran sewa per bulan, masih ada hal lainnya yang perlu dipikirkan.

Pertaman, Kamu harus cari tahu total pendapatan setelah pajak dan utang terutang lainnya. Paling tidak, aturan yang harus diikuti adalah menyisihkan 20 – 30 persen dari total pendapatan bersih untuk membayar iuran sewa.

Ini juga belum termasuk dari aspek-aspek lainnya lho, mulai dari makanan, transportasi, uang jaminan, utilitas, hingga biaya pindahan.

2. Formulir aplikasi apartemen

Setelah punya gambaran soal bujet, barulah Kamu bisa mencari jenis apartemen yang pas buat Kamu. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang isinya terkait informasi identitas ketika hendak menyewa apartemen. Pemilik apartemen menggunakan formulir aplikasi untuk menyaring penyewa potensial dan mengumpulkan informasi penting tentang mereka.

Umumnya, Kamu diharapkan dapat memberikan data dan informasi seperti informasi pribadi, seperti nama, alamat, tanggal lahir, nomor hape, pekerjaan dan pendapatan, hewan peliharaan, kendaraan, dan lain sebagainya.

3. Bukti penghasilan

Salah satu informasi yang diberikan adalah mengenai penghasilanmu. Hal ini agar si pemilik apartemen tahu kalau Kamu punya penghasilan yang cukup untuk membayar sewa dan tagihan dengan nyaman. Biasanya, pemilik apartemen akan meminta slip gaji 3 bulan terakhir.

Perlu Kamu ketahui, banyak pemilik apartemen yang mencari penghasilan tahunan sekitar 40 kali lebih banyak daripada pembayaran sewa bulanan.

4. Riwayat kredit

Selanjutnya adalah Kamu akan diminta untuk  menyerahkan pemeriksaan skor atau riwayat kredit. Jika riwayat kreditmu tidak baik, berarti Kamu termasuk kreditur bermasalah. Tetapi, jika Kamu tak memiliki riwayat kredit yang buruk, mungkin pengajuan penyewaan masih bakal dipertimbangkan.

Tak usah cemas, biasanya pemilik apartemen punya solusi, misalnya dengan penjaminan bersama untuk menjamin sewa Kamu. Dalam kasus non-pembayaran, mereka akan diwajibkan secara hukum untuk menutupi biaya. Biasanya, orang tua biasanya akan bertindak sebagai penjamin untuk kasus sewa pertama kali.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply