Perawatan Rumah

Idul Adha merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Banyak masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk kumpul bareng keluarga dan menyantap hidangan lezat khas Idul Adha, seperti sate, gulai, dan lain sebagainya.

Selain memikirkan soal masakan, hal lain yang tak kalah penting yang mungkin sering terlupakan adalah bagaimana cara membersihkan dapur dari minyak dan lemak.

Mengutip Home Hacks, Minggu (10/7/2022), berikut Kami rangkum tips membuat dapur bebas minyak pasca perayaan Iduladha buat Kamu dan keluarga.

Sabun cuci piring

Tentu saja sabun cuci piring tak boleh terlewatkan lantaran merupakan bahan utama untuk membersihkan dapur beserta tetek bengeknya. Caranya mudah saja, cukup Kamu campurkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam air hangat. Kemudian Kamu bisa menggunakan spons untuk menyeka minyak di meja, lemari dan dinding dapur.

Tepung dan garam

Mungkin Kamu tak menyangka bahwa ternyata dua bahan masakan ini ampuh untuk membersihkan sisa minyak di dapur. Kamu tinggal menaburkan tepung atau garam di atas tumpahan minyak dan biarkan minyak serta lemak terserap. Setelah itu Kamu bisa membersihkan tepung atau garam yang telah menyerap minyak dengan lap basah.

Soda kue dan cuka

Semua orang juga tahu bahwa soda kue dan cuka merupakan dua bahan yang ampuh untuk membersihkan berbagai peralatan rumah. Bahkan soda kue dan cuka juga disebut dapat membersihkan minyak yang sudah mengeras dan sukar dibersihkan.

Caranya mudah saja, cukup dengan mencampurkan setengah cangkir soda kue dengan beberapa sendok makan air sehingga menjadi pasta.

Kemudian, oleskan pasta soda kue ke area tumpahan minyak dan biarkan meresap semalaman. Keesokan paginya, Kamu tinggal membersihkan pasta soda kue dan semprot sisanya dengan cuka, lalu bersihkan menggunakan lap basah.

Lemon

Selain soda kue dan cuka, lemon juga dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan peralatan. Campurkan soda kue dan air lemon agar menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada tumpahan minyak dan bersihkan sisanya dengan lap basah.

Cara lainnya adalah dengan memotong lemon menjadu dua bagian dan gosokkan ke area tumpahan minyak. Lalu bersihkan sisanya dengan lap basah.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply