Dalam pemilihan wallpaper yang tepat Kamu harus memperhatikan dan memastikan motif, warna, ukuran, cat dinding, furnitur, ketinggian, dan cahaya alami. Sama halnya dalam semua desain interior, Kamu butuh mengevaluasi seluruhnya terlebih dahulu.

Dikutip dari dsigners, Rabu (18/08/2021), berikut adalah cara memilih wallpapar yang tepat seperti layaknya seorang ahli

1. Evaluasi ruang

Jika ruangan yang hendak Kamu dekorasi ukurannya terbatas, maka Kamu harus memilih desain yang memiliki nada cahaya yang tak begitu jenuh dengan gambar atau pola yang rumit. Tidak disarankan menempatkan wallpaper pada ruangan yang berukuran terbatas.

Tempatkan wallpaper pada pusat fokus visual terbesar di dalam ruang untuk hasil yang maksimal. Perhatikan pula skala proporsi antara wallpaper dan ruang. Polanya harus kecil agar dapat menciptakan ilusi lapang pada ruangan kecil.

Di sisi lain, pada ruangan yang luas Kamu bisa menggunakan wallpaper dengan desain yang lebih berani dengan pola dalam skala yang lebih besar, dan bisa diaplikasikan pada beberapa dinding.

Namun, Kamu perlu ingat bahwa mata memerlukan beberapa permukaan berwarna solid atau alami untuk beristirahat.

2. Warna yang tepat

Hal yang harus diperhatikan adalah warna dan motif wallpaper yang tepat pada ruangan. Umumnya, beberapa motif memiliki kemiripan antara satu dengan lainnya, apalagi jika menggunakan aksen gambar tradisional.

Nada cahaya akan menciptakan kesan ruang yang lega sekaligus membantu menjaga ruangan tetap terang baik dengan cahaya buatan maupun alami yang lebih sedikit.

Sebaiknya Kamu memilih wallpaper dengan warna yang melengkapi dekorasi dan palet warna yang ada di rumah. Tetapi tak harus dengan warna yang identik, Kamu bisa menggunakan nuansa dalam kelompok warna yang sama, warna analog atau komplementer.

3. Motif yang sesuai

Selanjutnya, hal penting lainnya yang harus Kamu pertimbangkan adalah pola dan motif wallpaper yang melengkapi jenis perabotan dan tekstur lainnya. Pola menentukan dan menekankan style, maka gunakanlah untuk menciptakan style dan menyesuaikannya dengan kepribadianmu yang lebih menonjol.

Hal lain yang tak kalah penting adalah teksturnya. Wallpaper dapat menciptakan perasaan pedesaan atau merujuk pada elemen alam; itu semua tergantung pada teksturnya.

4. Bahan wallpaper

Terdapat beberapa pilihan bahan wallpaper seperti cetak dan vinil. Satu bahan tidak lebih baik dari bahan lainnya, dan bisa jadi Kamu hanya membutuhkan satu bahan untuk ruangan dan gaya hidupmu.

Sebagai contoh, wallpaper cetak menggunakan tinta yang berbahan dasar air sehingga Kamu tidak bisa mencuci atau membersihkannya sehingga tidak disarankan untuk diaplikasikan di kamar mandi, dapur, dan jika Kamu juga memiliki anak atau hewan peliharaan.

Berbeda dengan wallpaper vinil yang memiliki ketahanan terhadap kelembapan serta dapat dicuci bila berdebu atau kotor. Karena vinil ini mudah untuk merawatnya dan bisa dibersihkan, maka wallpaper ini cocok untuk digunakan di kamar mandi, kamar anak-anak, dan jika Kamu memiliki tempat khusus untuk hewan peliharaan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *