Kamu mungkin pernah menemui pintu rumah yang bersuara. Suaranya ada yang pelan, ada yang keras, bahkan ada yang kayak suaranya mbak kunti, ihihihiii. Tentu saja suara-suara seperti itu bisa mengganggu kenyamanan di rumah pada jam-jam tertentu. Terutama di tengah malam pada waktu istirahat.

Lantas, muncul pertanyaan mengapa pintu bisa bersuara ?

Hal tersebut terjadi lantaran adanya gesekan pada engsel pintu. Pelumas yang digunakan ketika pintu pertama kali dibuat dan dipasang mulai aus. Selain itu,  penumpukan debut, kotoran, hingga karat juga bisa menambah masalah.

Tapi tenang saja, cara mengatasi pintu yang bersuara sebenarnya cukup mudah, yakni dengan melumasi engsel. Kamu pun bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tersedia di rumah, seperti halnya berikut ini:

1. Sabun Batang

Suara berderit pada pintu juga bisa Kamu netralisir dengan sabun batang tradisional. Pasalnya, sabun tradisional memiliki kandungan palem dan kelapa yang bisa memicu minyak. Untuk memanfaatkannya, Kamu tinggal menggosokkan sabun pada engsel.

Tetapi, untuk hasil yang optimal Kamu bisa menggunakan sabun batangan organik dan alami lantaran kandungan lemaknya lebih tinggi.

2. Bedak Bayi

Selain bagus untuk engsel yang bersuara, bedak bayi juga efektif untuk lantai yang berderit. Caranya adalah mengoleskan bedak pada celah-celah engsel dengan sikat gigi bekas. Lalu, gerak-gerakkan pintu beberapa kali untuk meratakan olesannya.

3. Hairspray

Selain memberikan dukungan struktural pada rambut, polimer dalam hairspray juga merupakan bahan ajaib yang bisa digunakan untuk menghentikan derit pada pintu rumah. Gunakanlah hairspray ekstra kuat agar efeknya maksimal, semprotkan langsung hairspray tersebut pada engsel pintu. Kemudian gerak-gerakkan pintu beberapa kali agar semprotannya merata.

4. Petroleum Jelly

Buat Kamu yang pernah mengalami bibir pecah-pecah, mungkin Kamu tak asing lagi dengan petroleum jelly. Petroleum jelly sifatnya berminyak sehingga sangat cocok untuk menenangkan bibir kering.

Sifatnya yang berminyak inilah yang membuat petroleum jelly juga bisa digunakan untuk mengatasi pintu yang bersuara. Caranya adalah dengan mengoleskan beberapa petroleum jelly di jarimu dan gosokkan ke engselnya. Lakukan beberapa kali sambil menggerak-gerakkan pintu supaya merata.

5. Minyak Sayur atau Zaitun

Kamu bisa memperbaiki pintu yang berderit dengan mengoleskan minyak sayur atau zaitun pada engsel. Setelah mengolesinya, cobalah untuk menggerak-gerakkan engsel dengan membuka dan menutup pintu beberapa kali agar minyak dapat melumasi dengan merata.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply