Perawatan Rumah

Pindah ke rumah baru merupakan hal yang dinanti-nanti oleh sebagian orang. Apalagi kalau rumah baru yang dituju memiliki banyak kelebihan ketimbang rumah yang akan ditinggalkan.

Namun, perlu diingat bahwa pindah rumah merupakan proses panjang yang melelahkan lantaran harus mengemas dan membawa banyak barang.

Berikut adalah sejumlah hal yang bisa Kamu lakukan agar proses pindah rumah bisa berjalan lancar. Dilansir dari House Beautiful, berikut tips-tipsnya:

1. Buang barang yang tak perlu

Sebelum nge-packing barang-barang ke dalam kotak, lakukan penyortiran dan cek barang apa saja yang tak perlu dibawa. Memang proses ini bisa memakan waktu sampai berhari-hari, tetapi dengan begitu Kamu bisa memastikan tidak ada barang yang tak diperlukan ke rumah yang baru.

2. Kemas barang berharga dengan aman

Jangan sekali-kali lupa terhadap perhiasan dan barang-barang berharga milikmu. Jadikan barang tersebut sebagai prioritas dan tempatkan di tempat yang aman seperti brankas.

Bila Kamu tak menyimpannya dengan baik, berarti Kamu telah mengambil risiko kehilangan barang berharga baik dalam proses pengemasan maupun dalam perjalanan.

Kamu akan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental ketika sedang mengemas dan memindahkan banyak barang, sehingga pikiran menjadi tidak fokus. Karena itu, utamakan barang berharga terlebih dahulu sebelum mengemas baju, perabotan, serta barang-barang lainnya.

3. Lakukan pembongkaran furnitur

Membongkar tempat tidur, rak atau lemari bisa memakan waktu lebih lama dari yang dibayangkan, apalagi jika posisinya di lantai 2, waduh. Karena itu, sebaiknya Kamu membongkar perabotan sedini mungkin.

Salah satu tips yang bisa Kamu lakukan adalah memindahkan anggota keluarga untuk menempati satu kamar secara bertahap. Walau menempati satu kamar saja, hal ini malah akan memudahkanmu untuk mengemas perabotan di kamar lainnya sehingga Kamu tak perlu repot ketika memindahkan barang.

4. Jangan bawa anak-anak dan hewan peliharaan

Ketika hari pindahan itu tiba, sebaiknya Kamu tidak membawa serta anak-anak dan hewan peliharaan ke rumah baru. Anak-anak akan merasa cepat bosan bila berada lama di dalam kendaraan, apalagi ketika perjalanan jauh meskipun sudah membawa gadget atau mainan favorit. Belum lagi Kamu harus sibuk membongkar barang bawaan dan meninggalkan anak seorang diri ketika tiba di rumah baru.

Hal Ini pun juga berlaku bagi hewan peliharaan. Perjalanan jauh dan tempat yang baru akan membuat tingkat stres hewan menjadi lebih tinggi.

Karena itu, alangkah baiknya Kamu sudah memastikan rumah baru yang akan Kamu tempati sudah dalam kondisi siap dan nyaman ditinggali sebelum membawa anak dan hewan peliharaan pindah.

5. Bawa perlengakpan bersih-bersih rumah

Hal penting lainnya yang mungkin terlupakan adalah perlengkapan bersih-bersih rumah seperti sapu, pembersih kaca, kain lap, dan alat pel.  Kamu harus membersihkan rumah baru dari debu yang menempel terlebih dahulu sebelum akhirnya meletakan barang-barang dari rumah lama. 

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply