Perawatan Rumah

Kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih keramik kamar mandi. Keramik pada kamar mandi berbeda dengan keramik pada area lain di rumah. Pasalnya, keramik kamar mandi rentan terhadap kelembaban dan perubahan suhu.

Untung saja, saat ini keramik kamar mandi yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan teknologi teranyar yang bisa bikin lebih tahan lama. Untuk membantumu, berikut adalah 5 hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum membeli keramik kamar mandi rumahmu.

Gaya kamar mandi

Keramik kamar mandi tersedia dalam berbagai macam warna, motif, ukuran dan pilihan desain agar Kamu dapat menciptakan tampilan kamar mandi yang Kamu inginkan.

Jika Kamu ingin kamar mandi geometris, maka Kamu bisa memilih keramik dengan pola geometris. Kamar mandi seperti ini tampak unik dan modern.

Sementara jika Kamu menghendaki kamar mandi bergaya hotel, maka Kamu bisa menggunakan keramik yang memiliki desain minimalis dan warna-warna netral seperti hitam, putih, dan pastel. Apapun gaya kamar mandi yang ingin Kamu ciptakan bakal menentukan jenis keramik yang harus Kamu beli.

Ukuran keramik

Kamu tidak bisa mengesampingkan ukuran keramik lantaran pemilihan ukuran akan sangat mempengaruhi tampilan akhir ruangan. Pilihlah keramik berukuran besar untuk kamar mandi yang ukurannya kecil lantaran dapat menciptakan ilusi ruangan tampak luas.

Motif keramik

Kamu harus berhati-hati jika ingin mencoba mengkombinasikan sejumlah motif keramik untuk menciptakan sebuah tampilan unik di kamar mandi. Walaupun hasilnya bagus, hal tersebut juga bisa bikin kamar mandi tampak lebih ramai.

Sebaiknya jangan menggunakan lebih dari 3 jenis motif keramik yang berbeda agar tampilan ruangan tetap elegan. Pertama-tama, tentukan keramik untuk lantai baru kemudian memilih jenis keramik untuk dinding kamar mandi. Lalu, pilih ubin yang berbeda untuk menonjolkan area tertentu.

Pertimbangkan area shower

Jika memiliki area shower yang terpisah di kamar mandi, maka sebaiknya Kamu mempertimbangkan untuk menggunakan keramik yang berbeda pada ruang shower. Ingat, penting untuk menggunakan keramik anti selip lantaran area pancuran sangat licin.

Kamu juga bisa memakai keramik yang sama dengan keramik pada area lantai dan dinding kamar mandi untuk menciptakan tampilan yang mulus.

Pertimbangkan pemeliharaan

Ingat, pertimbangkan persyaratan perawatan dari setiap keramik yang akan Kamu beli. Sejumlah keramik kamar mandi tersedia dengan harga murah, tetapi mempunyai persyaratan perawatan yang berat.

Alangkah baiknya Kamu memilih keramik yang membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan walaupun harganya sedikit lebih mahal. Pasalnya, hal tersebut akan menjadi pilihan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply