Perawatan Rumah

Ketika Lebaran tiba, Rendang merupakan salah satu menu yang ditemui di hampir sebagian besar rumah masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang kaya nan lezat membuat hidangan asli Sumatera Utara ini sebagai salah satu menu favorit keluarga.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwasanya kuah rendang dapat meninggalkan bekas noda yang membandel terutama bila kuah rendang tumpah pada karpet yang memiliki warna terang.

Nah, supaya karpet Kamu bisa kembali bersih seperti semula, maka Kamu harus segera membersihkan ketika terkena tumpahan kuah rendang.

Gunakan sendok tumpul atau pisau untuk mengangkat semua padatan yang Kamu bisa. Ingat, Kamu harus berhati-hati melakukannya agar tak menggosok permukaan karpet lantaran noda bisa menyebar.

Kemudian, buat larutan pembersih dengan melarutkan 1 sendok cairan pencuci piring dengan 2 cangkir air dingin. Aduk sampai rata. Semprotkan larutan sabun ke area karpet yang terkena tumpahan rendang, kemudian diamkan selama lima menit agar larutan sabun tersebut meresap ke dalam karpet.

Selanjutnya, pakai handuk kertas atau kain bersih untuk menyeka larutan tersebut hingga kering. Ulangi terus menerus hingga tak ada lagi warna yang berpindah ke kain.

Kemudian, gunakan kain basah dan lap area karpet yang baru saja dibersihkan untuk mengangkat semua sisa sabun. Keringkan kembali area tersebut dengan menggunakan handuk kertas hingga semua kelembaban terserap. Lalu, jemur karpet di bawah terik sinar matahari dan diamkan karpet mengering dengan sendirinya.

Memang menghilangkan noda makanan berminyak seperti rendang atau makanan lainnya terkenal sulit dilakukan, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan.

Kuncinya adalah penanganan sesegera mungkin pasca karpet terkena tumpahan makanan. Ketika Kamu masih belum berhasil menyingkirkan noda, besar kemungkinan Kamu perlu memanggil ahli pembersih karpet profesional.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply