Perawatan Rumah

Asal Kamu tahu ya guys, mencuci botol dan peralatan bayi tak boleh dilakukan secara sembarangan, harus dilakukan dengan teliti. Oleh karena itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) membagikan beberapa tips mencuci perlengkapan bayi.

Pertama-tama, pastikan dulu Kamu sudah mencuci tanganmu dengan air dan sabun selama 20 detik. Untuk membersihkan botol bayi, pisahkan terlebih dahulu semua bagian dan membersihkannya satu per satu, meliputi botol, tutup, dot, cincin, katup.

Setelah Kamu cuci menggunakan sikat khusus mencuci peralatan bayi, bilas botol dengan air mengalir dan pastikan Kamu tidak meletakkan botol di wastafel untuk menghindari kontaminasi kuman.

Sedangkan untuk mencuci peralatan makan, Kamu harus meletakkannya ke dalam baskom khusus dan jangan langsung ditaruh di wastafel. Lalu, masukkan air panas dan sabun ke dalam baskom.

Gosok peralatan makan dengan sikat khusus. Lalu bilas peralatan makan dengan air mengalir. Kemudian, Kamu harus mengeringkan peralatan makan dengan menaruhnya di atas handuk bersih atau handuk kertas yang tak terpakai.

Pastikan Kamu meletakkan barang-barang tersebut di area yang aman dari kotoran dan debu. Diamkan peralatan bayi hingga benar-benar kering. Ingat, jangan sampai Kamu menggunakan lap piring untuk mengeringkan peralatan makan bayi lantaran dapat memindahkan kuman ke barang tersebut.

Selanjutnya, Kamu harus membersihkan baskom cuci dan botol serta mengeringkannya dengan benar. Kamu juga harus mencuci peralatan yang Kamu gunakan untuk mencuci peralatan makan bayi tersebut dengan air panas dan sabun beberapa hari sekali.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply