Beli Properti

Wah, kalo impian punya rumah pribadi tuh jadi idaman banyak banget, kan? Tapi, masalahnya harga tanah dan bangunan makin naik tiap tahun, bikin susah banget buat jadi kenyataan.

Tapi tenang, nih, stand-up comedian Indonesia, Raditya Dika, bagi-bagi tips buat generasi muda yang mau punya rumah pertama. Dia cerita di acara Pesta KPR 2023 di Summarecon Mall Serpong pada Minggu (23/7/2023) kemarin.

Dari pengalamannya, doi punya rumah pertama pas umur 28 tahun. Nah, langkah pertamanya adalah bikin rencana dan tujuan keuangan buat punya rumah. Dia bilang, kalo ada tujuan keuangan buat punya rumah, pasti kita bakal berusaha nyisihin sebagian dari penghasilan buat kejar target itu.

“Karena yang paling penting adalah gimana memanfaatkan rezeki yang kita terima. Bisa disimpan untuk tujuan keuangan yang penting,” kata Raditya Dika.

Oh ya, rencana punya rumah pertama juga bisa jadi motivasi buat kita bekerja keras demi ngejar impian, loh. Tapi kalo ngerasa susah nyisihin uang buat beli rumah, gak usah galau, bro.

Langkah kedua yang bisa kita coba adalah catat setiap pengeluaran tiap bulan. Nah, dengan catat pengeluaran, kita bisa tahu kebiasaan konsumtif kita apa yang bisa kita ubah. Jadi, lebih hemat dan nggak keluarin duitnya asal-asalan, deh!

“Privilege orang kan beda-beda, garis start orang beda, tapi caranya itu sama, bisa mulai dengan yang paling sederhana, yaitu nyatet pengeluaran,” imbuh Raditya Dika.

Nah, pada momen yang sama, Executive Director Summarecon Serpong Magdalena Juliati juga bilang, properti tuh investasi yang bakal terus berkembang dan diminati, tapi ya harus bijak juga, ya, kalo mau milih properti yang pas buat kita!

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply