Perawatan Rumah

Kalo lo mau pindah ke rumah baru, pasti banyak barang yang harus dibungkus dan diangkut, kan? Nah, khususnya buat barang elektronik kayak AC, risikonya lumayan tinggi pas mau dipindahin, apalagi kalo jaraknya jauh dari rumah lama. Ada beberapa risiko kayak kerusakan kompresor sampe kebocoran gas AC yang bisa terjadi pas perjalanan. Buat bantu lo pindahin AC dengan lebih aman, nih beberapa tips yang bisa lo coba:

1. Cari Tahu jenis AC: Sebelum mulai pindahin AC, lo harus tahu jenis AC apa yang lo punya di rumah. Ini penting biar lo bisa tau apa aja yang harus lo lakuin buat pindahinnya dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa jenis AC bisa aja berat buat lo angkut sendiri, terutama yang pakai gas. Kalo punya AC yang pakai gas, mending cari tukang yang bisa bantuin lo.

2. Cairin AC: Sebelum lo bungkus AC buat diangkut ke rumah baru, pastiin dulu AC-nya udah dicairin (defrost) dengan bener. Ini biar gak ada kerusakan yang muncul pas diangkut. Kalo lo gak tau cara ncairin AC, mending hubungin tukang AC setempat atau minta bantuan orang yang ngerti.

3. Siapin perlengkapan: Sebelum mulai angkut AC, pastiin lo udah siapin semua alat yang dibutuhin. Lo juga butuh bantuan orang buat angkut AC dan selimut atau kain gede buat bungkus AC pas diangkut. Selimutnya bakal ngejaga AC biar gak kegores sama barang lain pas diangkut.

4. Lepasin panel depan dengan hati-hati: Kebanyakan AC modern punya panel depan yang bisa dilepas dengan gampang. Tapi, ada juga model AC lama yang panelnya harus dibuka dulu sebelum dilepas. Pastiin lo gak merusak kabel atau bagian lain dari AC pas lepas panelnya. Kalo bisa, lepas kabel dari panelnya sebelum dilepas biar pas dipasang lagi gak ribet.

5. Lepasin kabel listrik: Semua AC pasti punya kabel listrik yang nyambung ke sumber listrik. Ini harus lo lepas dulu sebelum angkut AC. Lagi-lagi, hati-hati biar gak rusak kabelnya. Kalo kabel udah dilepas, tutup ujung kabel yang kosong dengan pita listrik.

6. Bungkus AC: Setelah itu, lo bisa mulai bungkus AC buat diangkut. Bungkus AC dengan selimut atau kain terus kencangin pake lakban. Lalu masukin AC ke dalam kotak dan kencangin pake tali. Kalo punya AC sentral, pastiin semua pipa refrigerannya dan kabel listriknya juga dikemas dengan bener biar aman pas dimasukin ke truk.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply