Investasi Properti

Investor swasta rencananya bakal ngebangun rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir tahun 2023, atau paling enggak selambat-lambatnya pada awal tahun 2024.

“Kita targetkan akhir tahun atau awal tahun depan,” ungkap Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN)  dalam acara Business Forum 1-Infrastructure Forum Sewindu PSN di Kasablanka Hall, Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (13/9/2023) kemarin.

Pembangunan rusun tersebut bakal digarap oleh 10 perusahaan swasta dari dalam dan luar negeri dengan total bangunan mencapai 200 tower.

“Ada dalam negeri ada luar negeri. Dari luar ada Malaysia, Konsorsium China-Indonesia, Korea Selatan, dari dalam juga nama-nama besar,” tambah Agung.

Sebanyak 10 investor tersebut sudah masuk ke dalam tahap Letter to Proceed untuk kemudian lanjut ke proses Feasibility Study (FS).

Sebelumnya, Haryo Bekti Martoyoedo, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan yakin rusun ASN garapan swasta tersebut sudah berdiri dan siap ditempati pada tahun 2024.

“Ya kalau enggak semua, ya sebagian bisa dipakai, harapannya selesai 2024,” harap Haryo ketika ditemui pasca acara Neighborhood Densification di Jakarta pada Selasa (29/8/2023).

Kalo dari sisi pemerintah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditugaskan buat bikin 47 tower rusun ASN. Rencananya sebanyak 12 tower rusun porsi pemerintah bisa siap ditempati pada Juli 2024, seiring dengan pemindahan ibu kota negara tahap pertama.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply