Perawatan Rumah

Sekarang, banyak yang udah pake AC di dalam rumah buat ngatasin hawa panasnya udara. Memang, punya AC di dalam rumah bisa bikin nyaman buat penghuninya. Tapi, gimana kalo kamu juga punya tanaman hias di situ?

Meskipun ada beberapa tanaman indoor yang tahan banting, nggak semuanya bisa nahan suhu berubah-ubah secara tiba-tiba.

Suhu yang terlalu dingin bisa bikin daun-dedaunan rusak dan pertumbuhan tanaman jadi terganggu. Dilansir dari laman Air Rite, tanaman butuh cuaca hangat dan kelembaban yang cukup buat tumbuh dengan subur. Meskipun dinginnya AC enak buat kamu, bisa jadi malah berdampak buruk buat tanaman di situ.

Tapi, nggak usah matiin AC terus hidup di dalam ruangan yang panas seharian. Solusinya, pindahin aja tanaman yang paling sensitif dari ruangan ber-AC ke tempat lain yang suhunya lebih stabil. Kalo nggak bisa, coba pindahin tanaman sejauh mungkin dari hembusan AC, tapi tetep biarin dapet cahaya ya.

Solusi lainnya, semprotin daun tanaman pake air buat nambahin kelembaban yang hilang pas AC dinyalain. Tapi, tetep perhatiin jadwal penyiraman yang disarankan buat tiap tanaman, dan hindarin penyiraman berlebihan.

Sebelum beli tanaman hias buat ditaro di dalam rumah, cek dulu kebutuhan suhu dan kelembaban buat tiap jenis tanaman ya.

Disadur dari kompas.com



Leave A Reply