TV layar datar itu adalah salah satu jenis televisi masa kini yang juga merupakan evolusi dari TV zaman dulu. TV layar datar ini bentuknya ramping, lebih tipis tapi gambarnya tetep kinclong. Ada TV LCD, LED TV, OLED, Plasma, dan lain sebagainya.

Soal mau ditaruh di mana, TV layar datar ini punya dua opsi, mau ditempel di dinding atau diletakkan di atas meja. Beda sama TV jadul atau TV tabung yang cuma bisa ditaruh di atas meja, di rak, atau di mana aja yang serupa.

Nah, kalo udah punya TV layar datar, mau nempel di dinding atau ditaruh di meja? Kira-kira yang mana paling oke ya? Apakah ada kelebihan masing-masing?

Dikutip dari sejumlah sumber, Jumat (5/3/2021),  nih, ada beberapa poin plus buat dua cara itu, baik nempel di dinding atau ditaruh di meja.

·         Kelebihan memasang TV layar datar di dinding

1. Ruangan Tampak Lebih Luas dan Rapi

Kalo pasang TV layar datar di dinding, ruangan jadi keliatan lebih bersih dan gede. Biasanya kalo ruangannya terbatas atau sempit, pilihan ini pas banget.

2. Hindari Risiko Jatuh

TV layar datar ukurannya tipis, biasanya juga ga terlalu berat. Jadi kalo ditaruh di meja dan kesenggol atau Kamu towel dikit, bisa geser.

Kalo dirumah ada bocah kecil yang suka main dan suka pegang-pegang TV, maka lebih aman kalo dipasang di dinding. Tapi ingat, kalo layarnya gede banget (lebih dari 60 inci), mending ditempelnya ga terlalu tinggi dari lantai.

3. Lihat dari Mana Aja Oke

Alasan orang pada nempel TV di dinding adalah biar bisa dilihat dari mana aja tanpa ngurangin kualitas gambarnya.

4. Sesuaiin Tinggi TV

Kalo Kamu nempelin TV layar datar di dinding, maka Kamu bisa nyesuaiin tingginya biar pas sama kenyamanan nonton Kamu.

·         Kelebihan meletakkan TV layar datar di atas meja ataupun rak dan sebagai.

1. Bikin Keliatan Keren dan Mantap

Kalo taruh TV layar datar di meja, keliatannya keren banget, keliatan kokoh gitu. Apalagi kalo warna TV sama mejanya kontras, beuhh. Selain nunjukkin kekerenan TV, ini juga bakal ngejelasin konsep ruangan kamu.

2. Awet Lebih Lama

Pasti pengen kan TV layar datarmu awet lebih lama dari yang dibilang sama pabrik? Kalo dipasang di meja, TV-nya lebih tahan lama daripada kalo dipasang di dinding. Soalnya udara panas dari belakang TV bisa keluar dengan bebas.

3. Gampang Dipindah-pindah

Kalo taruh di meja, gampang banget pindah-pindahin TV-nya ke tempat lain sesuai keinginan. Jadi lebih fleksibel. Ga perlu juga repot lepasin bracket atau penyangga TV yang nempel di dinding.

4. Bisa Buat Tempat Nyimpen Alat Lain

Kalo TV-nya ditaruh di meja, kamu bisa manfaatin ruang di sekitar dan bawahnya buat nyimpen barang-barang. Kalo punya banyak alat atau koleksi media, meja atau tempat TV bisa jadi tempat buat naruh semua deket TV, dan juga bisa nutupin kabel-kabel yang belepotan di belakangnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply