Perawatan Rumah

Lidah mertua tuh salah satu tanaman hias yang bisa bikin rumah lo makin asri dan keren. Kalo lo udah punya satu pot, tapi mau nambah koleksi yang sama, lu gak perlu repot-repot buat beli yang baru, tinggal diperbanyak aja.

Nah, tanaman lidah mertua ini masuk dalam kelompok tanaman hias yang paling gampang ditanam lewat stek. Ada dua cara utama buat ngembangin tanaman ini, pake air atau pake tanah.

Pertama, siapin gunting kebun dan sterilin pake alkohol. Terus potong daun sependek mungkin dan biarin bekas potongan kering selama beberapa hari.

Kalo mau pake air, masukin potongan daun ke dalam air dan letakin deket jendela yang terang atau di bawah lampu. Ganti air seminggu sekali atau lebih sering kalo udah kotor. Biar airnya tetep segar dan oksigennya cukup, dan bakteri nggak berkembang.

Kalo dari potongan daun udah tumbuh akar sekitar 5 cm, lo bisa tanam ke dalam tanah.

Atau, alternatif lainnya, pake tanah aja. Isi pot yang punya lubang drainase dengan tanah. Masukin potongan daun ke dalam pot, terus letakkan di tempat yang terang atau bawah lampu.

Kalo tanahnya udah kering, siramin ya. Dua bulan kemudian, bakal ada tunas baru yang muncul dari potongan daun itu. Lo juga bisa potong satu daun jadi beberapa stek dan hasilnya lo bisa dapetin beberapa tanaman dari satu daun aja.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply