Pastinya noda yang menempel di dinding adalah hal yang lumrah terjadi di mana saja. Sebenarnya ini juga cuma masalah sepele aja, tapi kan bikin dinding rumah jadi jelek dan terkesan jorok, yang liat pun juga bakal ngerasa risih.

Untungnya, masalah sepele ini juga bisa diatasi kalau noda yang menempel di dinding gak begitu keras. Ini lho cara-cara super gampang buat ngilangin berbagai macam jenis noda yang menempel di dinding rumah.

1. Noda Ringan yang Gak Terlalu Keras

Misalnya, di ruang tamu, kadang-kadang bisa kena debu dan ga pernah dibersihin. Akhirnya, warnanya jadi kusam dan ada bekas-bekas gitu di dinding. Nah, begini cara ngatasinnya:

Pertama, campur dikit sabun cuci piring atau sabun cair ke dalam air hangat. Celupin kain microfiber atau spons ke dalam campuran sabun, terus bersihin noda di dinding dengan gerakan naik-turun.

Tunggu sampai dinding kering. Nah, kalo udah kering, baru deh liat hasilnya udah bersih apa belum.

2. Noda Krayon dari Anak Kecil

Kalo ada anak kecil di rumah, pasti sering deh tuh ada noda krayon di dinding. Nah, begini cara mengatasinya:

Gosok bekas krayon pake pasta gigi. Bersihin pake tisu basah, trus liat deh apakah warnanya udah ilang atau belum.

Kalo langkah di atas masih ga cukup, coba deh pake pasta soda kue sebagai pengganti pasta gigi. Tapi, hati-hati ya jangan sampe ngikis catnya pas ngebersihin krayon di dinding.

3. Kotoran yang Menumpuk

Nah, ini masalah utama buat dinding di kamar mandi dan dapur. Begini cara mengatasinya:

Buat campuran dari amonia, cuka apel, soda kue, dan air hangat. Trus pake spons atau serat baja buat bersihin dengan lembut.

Abis itu, bersihin dindingnya pake kain kering atau tisu bayi. Biasanya hasilnya lebih bagus kalo pake produk khusus buat noda tertentu di dinding.

Pokoknya, ga usah bingung lagi kalo ada noda di dinding. Dengan beberapa trik sederhana, rumah bisa tetep terlihat bersih dan kinclong!

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply