Kamar mandi adalah area yang bisa dibilang paling sering digunakan. Minimal tiap anggota keluarga menggunakannya 2 kali sehari. Kalau ada 5 orang anggota keluarga, berarti kamar mandi digunakan minimal 10 kali dalam sehari.

Nah, di kamar mandi itu kan gak cuma air ya, ada juga sabun. Salah satu hal yang harus Kamu perhatiin adalah munculnya kerak sabun di dinding atau lantai kamar mandi.

Kerak sabun muncul gara-gara penumpukan buih sabun yang gak langsung dibersihin. Tapi Kamu tenang aja, gampang kok ngebersihinnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Rabu (26/4/2023), berikut adalah cara gampang ngebersihin kerak sabun di dinding dan lantai kamar mandi.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Sabun cuci piring
  • Setengah cangkir soda kue
  • 1 gelas air

Cara membersihkan kerak sabun

Bikin larutan pembersih dengan nyampurin setengah cangkir soda kue, sedikit sabun cuci piring, dan 1 cangkir air. Pastiin larutan dari ketiga bahan itu konsistensinya sampai mirip dengan adonan kue atau pasta yang agak encer.

Ambil sikat gigi bekas atau sikat penggosok ringan untuk ngolesin larutan ke kerak sabun. Diemin selama kurang lebih 20 menitan.

Setelah lewat selama 20 menit, gosok lagi area tadi dengan lembut dan bilas dengan air hangat. Lap seluruhnya dengan kain mikrofiber atau handuk bersih.

Oh ya, jangan lupa kalau soda kue bersifat abrasif, jadi Kamu harus ekstra hati-hati ketika lagi ngebersihin kaca shower yang kena kerak sabun karena menggosok terlalu keras bisa bikin muncul goresan.

Cara mencegah munculnya kerak sabun

Biar bisa mencegah muncul kembalinya keran sabun, maka direkomendasikan buat ngebersihin kamar mandi setiap hari. Cara gampang lainnya adalah dengan mengganti sabun yang Kamu pakai. Kamu bisa beralih ke sabun cair dari jenis sabun batangan bakal mengantisipasi munculnya kerak sabun.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply