Halo guys, semisal Kamu lagi ngopi-ngopi sore menikmati senja tiba-tiba aja ngide buat bikin usaha. Usahanya itu pun bisa dilakukan di rumah, cuma butuh penyesuaian aja di rumah.

Namun, kemudian muncul dibenakmu soal dasar hukum Peraturan Bangunan Gedung rumah tinggal buat dijadiin tempat usaha, dan apa iya harus izin dulu sama tetangga sekitar?

Terkait bangunan gedung ini adalah salah satu wujud fisik pemanfaatan ruang. Dalam pengaturan bangunan gedung ini merujuk pada pengaturan penataan ruang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Asal tau aja, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, serta harus diselenggarakan secara tertib biar kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung terjamin.

Nah, kalo soal rumah disulap jadi tempat usaha sudah diatur dalam Pasal 49 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman (UU 1/2011).

Di situ dijelasin kalau pemanfaatan rumah dapat dipake buat kegiatan usaha secara terbatas tanpa membahayakan dan tidak mengganggu fungsi hunian.

Nah, kalo ngomongin soal persyaratan dan kesesuaiannya dengan hukum terkait bangunan, itu diatur dalam UU 28/2002 tentang Bangunan Gedung dan UU 26/2007 tentang Penataan Ruang, bro. Jadi, izin buat bangun rumah itu harus sesuai aturan, ya.

Maksudnya, rumah yang mau digunakan buat usaha enggak boleh ngancurin dan ngangguin lingkungan sekitar, terutama buat tetangga-tetangga sekitar.

Kalo misalnya pemilik rumah nekat ngelanggar aturan yang ada, kayak rumahnya dipake buat usaha yang merusak lingkungan, warga sekitar bisa komplain ke instansi terkait, geng.

Nah, kalo ketahuan beneran melanggar, pemilik rumah bisa kena sanksi administratif, mulai dari peringatan tulisan sampe pencabutan izin usaha dan tutup lokasi. Jadi, harus bener-bener hati-hati dalam memanfaatkan rumah, jangan sampe bikin masalah buat tetangga, ya!

Disadur dari detik.com

Leave A Reply