Rumah sekarang gak cuma jadi tempat tinggal buat keluarga, tapi juga investasi masa depan yang oke banget. Menurut situs NAHP Kementerian PUPR, setiap pemilik rumah disaranin buat merawat rumahnya dengan baik biar bangunannya bisa tahan lama. Gak cuma bikin hemat pengeluaran, rumah yang kondisinya bagus bisa punya nilai lebih tinggi dari standar kelayakan.

Salah satu perawatan rumah yang penting adalah perawatan rutin. Perawatan rutin ini harus dilakukan setiap hari, terutama buat area rumah yang sering dipake dan dilalui orang, kayak lantai rumah, kamar mandi, dan dapur. Area ini harus selalu bersih karena jadi faktor penilaian apakah rumah layak huni atau enggak.

Nih, langkah-langkah perawatan yang bisa kamu lakuin buat bersihin tiga area penting di rumahmu:

1. Perawatan Lantai

Menyapu lantai itu cara paling efektif dan harus dilakukan rutin. Jangan lupa pindahin kursi, karpet, atau penghalang lainnya biar lantai beneran bersih. Abis itu, pel seluruh lantai dan pastikan semua sudut ruangan terjangkau. Jangan pake kain pel yang terlalu basah karena bisa bikin lantai flek.

2. Perawatan Kamar Mandi

Cara mudah buat merawat kamar mandi adalah rutin bersihin area toilet. Gosok pake cairan pembersih toilet 1-2 kali seminggu. Jangan lupa bersihin dinding kamar mandi setiap habis mandi. Air sabun dan sampo suka nempel di sana. Buat noda ringan, bisa dihilangkan dengan semprotan air terus dilap. Tapi kalo nodanya udah keras, pake cairan pembersih khusus.

3. Perawatan Dapur

Abis masak, dapur harus langsung dibersihin biar gak ada sisa noda yang nempel. Mulai dari ngelap meja, terus sapu dan pel lantai biar bersih lagi. Kalo lantainya berminyak, pel pake air hangat. Jangan lupa bersihin tempat cuci piring setiap selesai dipake buat ngilangin sisa air sabun yang nempel.

Dengan perawatan rutin kayak gini, rumahmu bakal tetep bersih, nyaman, dan punya nilai tinggi buat masa depan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply