Salah satu kota wisata di Swedia, Goten, bikin gebrakan nih! Mereka ngebolehin siapa aja buat beli lahan di sana dengan harga cuma 1 krona (€0,08) atau sekitar Rp 1.405 per meter persegi. Pemerintah Goten berharap kampanye ini bisa naikin populasi di sana.

Kata Euro News, angka kelahiran di Kota Goten lagi menurun. Sekarang penduduknya cuma sekitar 5.000 orang. Selain itu, suku bunga di Swedia lagi tinggi, bikin perkembangan properti jadi terpuruk.

Buat narik lebih banyak penduduk, pemerintah Goten jual lahan murah banget, cuma Rp 1.405 per meter persegi. Mereka juga nggak masalah kalau yang beli warga negara asing.

“Siapa pun boleh membeli salah satu lahan tersebut,” kata Wali Kota Goten, Johan Mansson seperti yang dikutip Selasa (2/7/2024).

“Tidak ada aturan atau persyaratan siapa yang boleh membelinya. Justru bagus jika kita bisa membuat orang-orang dari luar negeri tertarik untuk membeli tanah di sini juga,” imbuhnya.

Tapi, ada syaratnya nih. Orang yang udah beli lahan di Goten harus bangun rumah atau bangunan lain dalam waktu 2 tahun. Kalau lahan cuma ditelantarin, harus dikembaliin ke pemerintah.

“Membangun rumah membutuhkan banyak uang, dan harga tanah bukanlah segalanya, namun ini adalah bagian penting dari hal tersebut,” ujarnya.

Tantangan buat pembeli lahan di Goten adalah naiknya suku bunga di Swedia. Membangun rumah di situasi kayak gini tentu butuh biaya besar. Tapi, kalau kampanye ini berhasil dan banyak yang tertarik, Mansson yakin keadaan di Goten bakal membaik.

“Jika kampanye ini (berhasil), misalnya sebuah keluarga berani membangun rumah di sini meskipun dalam situasi ekonomi saat ini, itu akan menjadi hal yang luar biasa,” imbuhnya.

Sebelumnya, lahan di Goten butuh waktu lama buat terjual, bisa puluhan tahun karena sedikit peminat. Padahal Goten terkenal sebagai destinasi wisata di Swedia. Ada Gereja Romawi Husaby Kyrka, bangunan bersejarah Martorpsfallet dan air terjunnya, serta kawasan satwa liar Österplana Hed och Vall.

Kampanye jual lahan murah di Goten dimulai tahun 2024 dan bakal berakhir 2025. Lahan yang dijual tersebar di seluruh kota, terutama di daerah maju.

“Setelah itu (2025) kemungkinan besar tidak akan dilanjutkan karena kemungkinan besar perekonomian akan kembali normal. Tapi, tentu saja, kami akan membahasnya di masa depan,” pungkas Mansson.

Fyi, Goten bukan satu-satunya kota di Swedia yang nawarin harga tanah murah. Di bagian selatan Swedia, pemerintah kota Hylte juga pernah bikin kampanye serupa awal tahun ini dan sukses jual 54 bidang tanah dengan harga yang sama.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply