Gini Lho Aturan Batas Maksimal Kepemilikan Tanah di Tanah Air

Nih, jadi batasan luas tanah hak milik di Indo itu tergantung sama penggunaannya dan buat apa tanah itu dipake. Tanah kan penting buat kita, jadi negara ngeatur biar gak ada yang punya tanah terlalu banyak. Ini udah diatur di UUD 1945 Pasal 33 ayat (3), yang bilang kalo bumi, air, dan kekayaan alamnya itu dimiliki sama negara dan dipake buat kemakmuran rakyat. Terus, soal kepemilikan tanah itu dibagi-bagi berdasarkan UU No.5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA). Ada hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, hak sewa, hak buka tanah, hak ambil hasil hutan, sama… Continue Reading

Suara Berisik dan Debu Renovasi Rumah Tetangga Bikin Ganggu Bet, Harus Gimana Ya?

Pernah gak sih, Kamu keganggu suara berisik dan debu dari rumah tetangga yang lagi direnovasi? Udah rumahmu kena debu dan suaranya itu lho, aduh. Mungkin terkadang Kamu merasa bingung sama apa yang harus dilakuian pas di posisi itu. Di satu sisi Kamu harus memperjuangkan kenyamanan, tapi di sisi lain Kaum juga harus menghormati tetanggamu. Kalau sudah begini ini, enaknya ngapain ya? Nah, biar gak makin bingung, cek ulasan berikut ini! Mengajukan Komplain secara kekeluargaan Menurut advokat hukum Andi Saputra, yang dihubungi oleh detikcom. Senin (04/09/2023), pertama-tama yang bisa Kamu lakuin adalah menyelesaikan masalah ini secara musyawarah mufakat dengan mengajukan komplain… Continue Reading

Secara Aturan, Sebenarnya Boleh Gak Sih Bangunan Menutup Akses Jalan Orang Lain?

Kejadian akses jalan seseorang untuk keluar masuk rumahnya terhalang entah itu gara-gara rumah tetangga atau bangunan gedung sepertinya sudah terjadi beberapa kali di Indonesia. Terbaru, Ngadenin (63) kehilangan akses jalan keluar masuk rumahnya di Jalan Raya Jatiwaringin, RT 003 RW 004, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Ngadenin mengaku sudah sekitar tiga tahun belakangan ini aksesnya tertutup tembok hotel. "Kurang lebih sudah 3 tahun. Tidak ada (komunikasi) pokoknya langsung dibangun begitu saja," ungkap Ngadenin ketika ditemui Kompas.com di Pondok Gede, Minggu (9/7/2023). Karena sudah ditutup tembok hotel, mau tak mau Ngadenin harus melewati saluran air untuk keluar-masuk rumah. "Akses… Continue Reading