Tentu akan sangat menyebalkan apabila ubin keramik di rumah tiba-tiba terangkat dan kemudian pecah. Hal ini akan sangat merugikan lantaran Kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Ada banyak alasan yang menyebabkan hal tersebut, penting buat Kamu untuk memahami alasan dibaliknya agar nantinya Kamu lebih siap untuk mencegah hal tersebut terulang kembali. Dikutip dari laman Homa Stories, berikut 4 hal yang dapat memicu terjadinya ubin keramik terangkat dan pecah.

1. Tertimpa benda berat

Walaupun didesain untuk dapat menopang beban yang berat, tetapi tekstur ubin keramik sangat halus dan rapuh. Ubin keramik di rumah Kamu pasti akan pecah seketika apabila tertimpa benda berat atau tajam. Peristiwa alam seperti gempa bumi pun juga bisa mengakibatkan ubin terangkat dan pecah.

2. Ubin tidak dibersihkan

Pembersihan ubin sangat penting, khususnya jika Kamu memasang ubin yang membutuhkan pengisian celah atau grouting. Pembersihan ubin yang tidak benar bisa menyebabkan pemasangan yang tidak rata yang bisa mengakibatkan ubin terangkat.

3. Pemuaian lantai

Ubin keramik merupakan bahan yang permeabel dan tampilan fisiknya akan berubah sesuai dengan kondisi sekitarnya. Ketika ubin keramik terkena panas berlebihan atau kelembaban tinggi bisa  menyebabkan ubin mengembang. Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus atau berlarut-larut, maka setelah beberapa saat, ubin akan melengkung, atau bisa terangkat dan pecah.

4. Ubin lama atau kualitas rendah

Ubin yang sudah terlampau tua atau yang berkualitas rendah mungkin sudah kehilangan beberapa sifat pentingnya seperti kelenturan dan kekuatan. Ubin lama akan semakin mudah rapuh dan tidak sanggup menahan perubahan drastis dalam kondisi fisik yang berat seperti variasi suhu.

Maka dari itu, tak lama setelah pemasangan jangan kaget apabila melihat ubin tersebut mulai terangkat dan retak. Karena itu, penting sekali untuk membeli ubin berkualitas tinggi. Memang harganya akan menjadi lebih mahal, tetapi pekerjaan konstruksi Kamu pun akan lebih terjamin keamanannya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply