Beli Properti

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (13/4/2023) telah meresmikan rumah susun (rusun) Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat,

Basuki Hadimujono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan ini menyampaikan dengan memilih tinggal di rusun yang mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD) yang terintegrasi dengan Stasiun Pondok Cina ini, masyarakat secara tidak langsung dapat menekan biaya transportasi.

“Salah satu keuntungan tinggal di TOD masyarakat bisa diantar jemput kereta api. Masyarakat lebih mudah melakukan pergerakan karena terintegrasinya hunian dengan transportasi massa,” ungkap Basuki melalui keterangan resmi, Kamis (13/4/2023).

Jokowi sebelumnya menyebut, rusun yang terintegrasi dengan stasiun Kereta Rel Listrik ini (KRL) didirikan khusus untuk milenial supaya mereka dapat memiliki hunian yang dekat dengan transportasi umum dengan harga yang terjangkau.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, hunian yang serupa dengan rusun TOD ini juga bisa didirikan di kota-kota besar lain yang tingkat kemacetannya tinggi seperti Jabodetabek, Bandung, Makasar, dan lainnya, terutama di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang belum dimanfaatkan dengan baik. 

“Harus kita bangun sebanyak-banyaknya hunian seperti ini. Lahan disediakan milik PT KAI bekerja sama dengan Perumnas dan Kementerian PUPR untuk pembangunannya,” ungkapnya.

For your information, pembangunan rusun Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, yang terdiri dari 940 unit ini merupakan sinergi antara Perum Perumnas dan PT KAI. Perum Perumnas melaporkan, sekitar 733 unit atau sebanyak 78 persen dari total 940 unit sudah laku terjual.

Adapun Kementerian PUPR bersama dengan Kementerian BUMN terus mendorong pembangunan hunian vertikal sebagai bagian dari konsep TOD, yaitu kawasan yang terintegrasi dengan simpul transportasi umum. Pembangunan hunian vertikal dilakukan secara terintegrasi dengan stasiun kereta.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply