Beli Properti

Buat Kamu yang mau beli rumah tapi bujetnya terbatas, maka rumah seken atau bekas bisa menjadi solusinya. Selain harganya yang lebih murah, biasanya rumah seken yang dijual juga sudah siap untuk ditempati tanpa perlu lagi untuk merogoh kocek buat renovasi.

Meskipun begitu, Kamu harus tetap hati-hati dan teliti sebelum memutuskan untuk membeli rumah tersebut. Pasalnya, banyak masalah tersembunyi yang biasanya baru diketahui setelah Kamu tempati.

Salah satu adalah yang sering ditemukan adalah rayap. Rayap memang tersembunyi, tetapi bisa menyebabkan kerusakan struktural yang parah pada bangunan lho, jadi hati-hati.

Jika Kamu berencana untuk membeli rumah, maka pemeriksaan rayap adalah hal yang terlebih dahulu harus Kamu lakukan agar terhindar dari pengeluaran tak terduga di masa depan.

Salah satu tanda rumah yang ingin Kamu beli terserang rayap adalah adanya jendela dan pintu yang sulit untuk dibuka atau ditutup. Rayap cenderung menyasar lokasi seperti jendela dan kusen pintu, di mana ada penampang kayu terbuka dan mudah diakses.

Ketika rayap mulai memakan kayu, hal ini bisa membuat jendela dan kusen pintu melengkung, sehingga sulit untuk membuka atau menutupnya dengan benar. Tak hanya itu, kerusakan akibat rayap juga bisa menyebabkan jenis masalah struktural lainnya di rumah, seperti platform yang kendur atau alas tiang yang remuk.

Tanda kedua ialah munculnya tabung lumpur, yang tampak seperti urat sempit di sepanjang sisi rumah. biasanya tabung ini dimulai dari tanah dan mengarah ke area kayu terbuka. Tabung lumpur ini digunakan oleh rayap untuk melindungi diri dari kekeringan di udara dan memungkinkan mereka berpindah dengan aman.

Jika Kamu menemukan tabung lumpur dan ingin memastikan apakah masih ada rayap yang hidup, maka Kamu tinggal menghancurkan salah satu area tabung lumpur tersebut.

Bila dalam pemeriksaan rumah, Kamu menemukan ada aktivitas rayap pada properti, maka cobalah untuk membuat kesepakatan dengan sang pemilik. Kamu bisa meminta pemilik rumah untuk menyingkirkan rayap tersebut terlebih atau meminta harga diturunkan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply