Pembiayaan Properti

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) berkomitmen bakal ngebalikin tabungan perumahan buat peserta PNS yang udah pensiun atau ahli warisnya dalam waktu 3 bulan. Pensiunnya peserta bisa berarti udah umur 58 tahun buat pekerja, atau peserta meninggal, atau gak memenuhi kriteria peserta mandiri selama 5 tahun berturut-turut.

Kalo ada sanak saudara atau famili yang PNS tapi udah pensiun, langsung lakuin langkah berikut ini ya:

  1. Isi form di https://bit.ly/3qaJdQQ,
  2. Hubungi BP Tapera di Call Center 156 atau 1500 156,
  3. Atau bisa juga hubungi BP Tapera lewat Whatsapp di nomor 08118 156 156.

Proses pengembalian tabungan peserta pensiun atau ahli waris dimulai dari Pejabat Pemberi Kerja (PPK) yang perbaharui status pensiun dan tanggal pensiun PNS-nya. Nah, dari sisi peserta, wajib banget perbaharui data nomor rekening dan bank di portal kepesertaan.

Kalo PNS-nya udah meninggal, ahli warisnya harus kirimin dokumen-dokumen lengkap ke BP Tapera, termasuk KARIP, surat keterangan ahli waris, fotokopi buku rekening, fotokopi KTP ahli waris, surat pernyataan kebenaran dokumen, dan surat kuasa kalo ahli warisnya lebih dari satu.

Kalo data PPK dan peserta udah diupdate dengan bener, BP Tapera akan kasih instruksi buat balikin tabungan ke Bank Kustodian, trus Bank Kustodian yang akan transfer tabungan ke rekening PNS pensiun atau ahli warisnya.

Tapi kalo status peserta atau informasi rekening gak lengkap, BP Tapera akan cocokin data PNS pensiun sama data Tabungan Hari Tua (THT) Taspen dan maksimal akan balikin lewat Taspen minggu pertama bulan ketiga.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply