Perawatan Rumah

Saat musim hujan datang, banyak masalah yang bisa nyerang rumah, salah satunya risiko banjir. Banjir bisa aja merendam furnitur di rumah dan juga unit kondensor AC yang biasanya di luar rumah. Ini bisa bikin AC rusak. Meski sebenernya AC dirancang tahan cuaca buruk, tapi kalo kondensor kebanjiran lama, bisa berhenti kerja sama sekali. Kalo air banjir masuk rumah dan nyentuh unit AC di dalam, risiko rusaknya lebih besar.

Kalo rumah kena banjir, ini beberapa cara yang bisa lo lakuin buat selamatkan AC biar gak rusak, nih diambil dari Complete Air Mechanical:

1. Matiin listrik

Langkah pertama pas banjir datang, matiin dulu sekring listrik di rumah. Kalo gak dilakuin, bisa bikin unit AC rusak lebih parah dan berbahaya buat lo dan keluarga. Matiin juga stop kontak di termostat. Pastiin juga baterai cadangan dimatikan, biar AC gak terima arus listrik. Kalo lo liat ada kabel listrik yang jatuh atau lepas dari AC, gak usah masuk ke air banjir.

2. Bersihin kotoran

Bersihin kotoran yang ada di sekitar unit AC. Daun, ranting, serangga, dan kotoran lain bisa nyangkut di unit dan ngehalangin saluran udara. Pas banjir, kemungkinan kotoran lebih banyak nyangkut di panel samping kondensor.

3. Lepasin penutup AC

Kalo lo nge-cover unit AC pake terpal biar dilindungin dari badai atau angin kencang, buka aja terpalnya biar AC bisa dapet aliran udara yang cukup.

4. Cek korosi kabel

Kalo banjir udah surut, cek unit AC secara visual buat liat ada korosi atau kerusakan di kabel AC. Kalo ada, harus segera diperbaiki atau diganti biar gak berisiko kebakaran.

5. Gak usah nyalain AC

Bahkan kalo genangan air udah hilang, jangan nyoba nyalain lagi AC-nya sampe teknisi profesional datang dan cek. Meski keliatannya udah kering, masih ada komponen yang basah di dalamnya yang bisa bikin kerusakan tambahan, sengatan listrik, atau bahkan kebakaran di rumah.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply