Pembiayaan Properti

Nah, isu perubahan iklim yang lagi rame ini ternyata berdampak ke mana-mana, termasuk di sektor perumahan subsidi yang bakal didorong biar jadi lebih hijau. Sebagaimana yang disampaikan langsung oleh Haryo Bekti Martoyoedo, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan.

“Nanti kita dorong ke sana karena sekarang Peraturan Menteri-nya sudah ada bangunan gedung hijau,” ucap Haryo ketika ditemui usai acara Neighborhood Densification di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Haryo menilai, perumahan subsidi adalah sektor yang paling gampang buat nerima konsep green housing soalnya seluruh aspeknya sudah diatur. Apalagi pada tahun ini target Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tembus sekitar 220.000 unit rumah.

“Dengan alokasi tadi, kita dorong nantinya dengan konsep-konsep yang memang green,” tambah Haryo.

Ini nih konsep yang sebelumnya di-launching akhir tahun lalu, tepatnya di Sumatera Selatan, di daerah Perumahan Gandus Land, Kota Palembang, dalam bentuk Indonesia Green and Affordable Housing Program (IGAHP).

Perumahan Gandus Land ini dapet fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Design rumah di proyek percontohan ini udah dapet sertifikat preliminary dari IFC EDGE karena bisa menghemat air sekitar 21 persen, trus hematin energi sekitar 72 persen, juga hemat embodied energy di material bangunan sekitar 51 persen. Trus tambahannya, mereka juga pake sumber listrik alternatif dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap.

Nah, setelah Palembang, Kementerian PUPR juga bikin program serupa di proyek perumahan subsidi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ada rencana, nih, mau bangun sekitar 40 unit rumah hijau dan terjangkau ini di atas tanah yang dari Bank Tanah.

“Kemudian yang nanti akan gabung itu dari Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas),” kata Haryo.

Terus berharap nih, biar Bank Tabungan Negara (BTN) juga ikut masuk ke dalam proyek rumah hijau dan terjangkau di Brebes ini. Makanya, konsep hijau ini bakal diterapin lewat desain rumah tapak yang bakal dibangun, terus dikembangin mulai dari sisi konstruksi sampe operasionalnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply