Beli Properti

Cek nih, bro! Kalo lu mau beli atau bangun rumah, salah satu yang harus lu perhitungkan adalah aksesnya alias jalan keluar masuknya. Pastinya, lebih enak kalo jalanannya lebar biar gampang buat masuk dan keluar, kan?

Tapi, kadang ada juga yang punya rumah dengan jalan masuk yang sempit. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, nunjukin kalo ada sekitar 26,59 persen rumah yang punya jalan depan rumah lebar antara 0-1,9 meter.

Kalo diliat dari provinsi, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten jadi tiga provinsi yang paling banyak banget punya rumah dengan jalan depan kurang dari 2 meter ini. Di Jawa Barat aja, lebih dari setengah rumah punya jalan gitu, persentasenya 51,72 persen!

Terus, ini juga tergantung sama ekonomi, lo. Semakin bagus ekonominya, semakin kecil persentase rumah dengan jalan sempit tadi. Nah, sebaliknya, makin bagus ekonominya, persentase rumah dengan jalan lebar 4 meter-5,9 meter atau lebih dari 6 meter makin banyak.

FYI, mayoritas rumah di Indonesia punya jalan depan sekitar 2 meter-3,9 meter, sekitar 46,54 persen. Terus ada juga yang punya jalan 0-1,9 meter sekitar 26,59 persen, lebar 4 meter-5,9 meter sekitar 16,19 persen, yang lebar 6 meter ke atas sekitar 8,17 persen, sama yang nggak relevan sekitar 2,51 persen.

Nah, yang nggak relevan itu mengacu pada rumah terapung yang bener-bener cuma bisa diakses lewat sungai, gitu. Jadi, kalo mau beli rumah, ingat ya buat ngecek akses jalan keluar masuknya!

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply