Perawatan Rumah

Renovasi adalah salah satu cara buat bikin rumah menjadi lebih fungsional dan ‘seger’. Pas Kamu udah jenuh atau butuh adanya fitur-fitur rumah yang baru, renovasi menjadi jawabannya.

Tapi ingat, ada beberapa potensi masalah yang bisa datang ketika merenovasi rumah. Kamu harus nyiapin rencana, biaya, dan mental waktu merenovasi rumah agar renovasinya sukses dan gak bikin stres.

Mengutip dari HowStuffWorks, Minggu (10/9/2023),

Berikut 7 Kesalahan yang harus Kamu hindari pas lagi merenovasi rumah.

1. Anggaran nggak jelas.

Salah satu kesalahan gede tuh kalo anggarannya belum fix. Kalo nggak tau berapa biayanya, mendingan jangan coba-coba renovasi. Bisa bahaya buat kondisi keuangan lo. Bikin rincian anggaran yang jelas sebelum mulai proyek. Dengan begitu, lo bisa tau duitnya buat apa aja. Selain itu, rincian anggaran juga bisa jadi panduan buat milih pinjaman atau sumber dana yang pas.

2. Salah Pilih kontraktor.

Pilih jasa kontraktor yang udah punya pengalaman. Kontraktor berpengalaman biasanya punya referensi dan opsi yang bisa bikin biaya renov lebih terjangkau. Pastiin kontraktor yang lo pilih terpercaya dan punya asuransi. Selain itu, perhatiin juga reputasi, pengalaman, dan jaminan yang mereka tawarin. Kalo pilih kontraktor yang nggak punya jaminan dan asuransi, berisiko banget kalo ada masalah selama proyek.

3. Ngerjain sendiri tanpa ilmu yang cukup.

Lebih banyak riset sebelum lo nyoba ngerjain sendiri buat hemat biaya. Pastiin banget kalo lo emang bisa ngerjainnya sendiri. Kalo nggak, bisa jadi hasilnya jeblok dan nggak sesuai rencana. Akhirnya, lo malah harus keluarin duit tambahan buat ngerapihin lagi. Awalnya mau untung, malah bisa rugi!

4. Nggak pastiin tanggal selesai proyek.

Ngecek tanggal selesai proyek itu penting banget. Biar lo bisa perkirain biaya jasa kontraktor dengan bener. Kalo pastiin tanggal selesai, lo bisa hindarin penundaan yang nggak perlu. Enggak semua kontraktor bisa jamin tanggal selesai, jadi diskusikan aja biar nggak ada penundaan yang nggak perlu.

5. Kurang komunikasi.

Komunikasi yang nggak jelas antara pemilik rumah, arsitek, dan kontraktor bisa bikin salah paham dan biaya tambahan. Jadi pastiin selalu nanya dan jelasin hal-hal yang masih bingung.

6. Nggak siap hadapi masalah tak terduga.

Masalah tak terduga bisa muncul kapan aja dalam proyek renovasi rumah. Siapin dana cadangan buat masalah tak terduga bisa bantu hindarin kejutan finansial yang nggak diinginkan.

7. Nggak mikirin nilai jual ulang.

Sebelum memulai proyek, mikirin gimana perubahan yang udah direncanain bakal pengaruhi nilai jual rumah lo. Ini penting buat pastiin kalo rumah lo masih bisa kasih hasil investasi yang diharapkan.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply