Perawatan Rumah

Lantai kayu tuh jadi opsi keren buat bikin ruang tamu jadi makin keren. Selain keliatan bagus, lantai kayu juga punya banyak pilihan model jadi bisa disesuaikan sama dekorasi ruangan.

Meskipun kuat dan tahan lama, lantai kayu di ruang tamu tetep harus dijaga biar ga cepet rusak. Berikut ini beberapa cara buat ngerawat lantai kayu, guys:

Langsung Bersihkan Tumpahan Cairan

Kalo ada cairan tumpah, langsung bersihin ya. Pake kain kering atau lembap buat bersihinnya. Jangan pake kain basah atau pel uap, bisa bikin lantai jadi rusak lama-lama. Kayu bisa bengkak dan menyusut tergantung kelembapannya, jadi penting banget buat jaga kelembapan tetap rendah biar kayunya ga melengkung atau pecah.

Bantalan Buat Furnitur

Goresan sering banget jadi masalah kalo punya lantai kayu. Meskipun ga bisa dihindari sepenuhnya, lebih baik pencegahan. Salah satu caranya pake bantalan di kaki kursi, sofa, meja, atau furnitur lainnya di ruang tamu.

Bersihkan Debu Secara Rutin

Meskipun udah larang pake sepatu di rumah, debu tetep bisa ada dimana-mana dan numpuk di sela-sela papan lantai. Jadi, rajin-rajin sapu lantai tiap hari biar debunya ga numpuk sampe bikin goresan atau rusak lantainya. Selain disapu, setiap minggu juga bisa disedot debunya. Biar remah-remah dan kotoran yang ketinggalan waktu disapu ga bikin goresan di lantai kayu.

Poles Ulang

Seiring berjalannya waktu, lantai kayumu bisa keliatan kusam. Makanya, lantai kayu perlu dipoles ulang minimal tiap tiga tahun sekali. Biar tetep keliatan kinclong!

Semoga tips ini membantu untuk ngerawat lantai kayu di ruang tamumu, ya!

Disadur dari kompas.com



Leave A Reply