Investasi Properti

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto ngajakin beberapa juragan properti dan real estat dunia buat turut join dalam mendukung pembangunan proyek prioritas nasional Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Airlangga melontarkan ajakan tersebut ketika menghadiri agenda Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers (FIABCI) yang merupakan Federasi Real Estat Internasional.

“Saya pikir ini [proyek IKN] adalah salah satu proyek properti terbesar di kawasan ini, jadi saya pikir para anggota FIABCI mudah-mudahan dapat berinvestasi di ibu kota baru ,” terang Airlangga dalam agenda The International Real Estate Federation (FIABCI) Trade Mission 2023 di Jakarta, Selasa, (19/9/2023).

Nih, menurut Airlangga, gak ada rencana buat proyek ibu kota lain dalam 10 tahun ke depan. Jadi, proyek IKN ini peluang langka banget buat para investor. Soalnya, diperkirakan populasi di IKN bakal mencapai 270 juta orang. Mayoritas dari mereka adalah generasi muda yang bakal bikin IKN semakin menarik.

“Sekali lagi, dengan adanya ibu kota baru, saya pikir ini adalah kesempatan besar bagi sebagian besar investor untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Saya kira pemerintah memberikan insentif fiskal untuk investasi di ibu kota baru ini,” tandasnya.

Seperti yang kita tahu, banyak investor dari berbagai negara tertarik dengan peluang investasi di IKN. Salah satu yang paling baru adalah kerja sama antara Indonesia dan Prancis di IKN.

Presiden Jokowi mendapatkan info soal rencana investasi dari empat perusahaan Prancis setelah ketemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi, India, tanggal 9 September 2023 lalu.

 “(Terkait) investasi di sektor strategis saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan 4 LoI (letter of intent) untuk dukung pembangunan IKN,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya.

Jokowi berharap banget nih, kesepakatan antara kedua negara bisa direalisasikan secepatnya. Sementara itu, Agung Wicaksono selaku Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), nerangin kalo pihaknya lagi proses dan cek surat minat investasi dari investor Prancis.

“Ya, kami sudah evaluasi ada 4 LOI, kita akan evaluasi dan akan kalau tidak salah bulan depan awal bulan pak kepala otorita diundang dubes kita di prancis itu mungkin saatnya kita Follow Up lebih lanjut ya,” terangnya.

Agung ngebahas nih, walaupun sekarang minat investasi di IKN masih banyak dari perusahaan Indonesia, tapi ada juga lho negara-negara tetangga kayak Singapura, Malaysia, Jepang, dan Korea diberitakan juga berminat buat nanem modal di IKN.

Khusus buat Malaysia, ada dua perusahaan properti yang udah janji mau bangun 20 apartemen di IKN. Katanya, dua perusahaan yang berminat itu IGM Properties SDN BHD dan Maxin Global BHD. Nah, sekarang dua perusahaan itu lagi ngecek apakah ide mereka feasible atau nggak, terus nunggu evaluasi dari pemerintah sebelum bisa mulai bangun.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply