Beli Properti

Iwan Suprijanto selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bilang, pembangunan 47 tower rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara dan petugas pertahanan dan keamanan (Hankam) seperti TNI/Polri bakalan dioperasikan secara bertahap yaitu mulai Juli  – November 2024.

“Diharapkan pembangunan 47 tower ini secara bertahap dapat selesai dan dioperasikan mulai Juli hingga November 2024 mendatang,” jelas Iwan dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/9/2023).

Pembangunan 47 tower rusun ini, lanjut Iwan, secara tak langsung juga turut men-support hidupnya Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Karena, tower-tower ini adalah bangunan gedung fungsi hunian yang nantinya akan digunakan oleh ASN dan Hankam yang akan bermukim dan bekerja di IKN,” imbuhnya.

Asal Kamu tahu aja, Kementerian PUPR udah teken Kontrak Paket Pekerjaan Pembangunan 47 Tower Rusun ASN-Hankam di KIPP IKN pada 25 Agustus 2023 kemarin.

Dalam kontrak itu meliputi enam Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan 47 tower Rusun ASN dan Hankam serta 2 Paket Manajemen Konstruksi, yaitu:

  1. Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun Polri dan BIN oleh KSO Adhi-Nindya-Wiratman.
  2. Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.
  3. Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 1 oleh PP-Urban-Jaya Konstruksi KSO.
  4. Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 2 oleh PT Hutama Karya (Persero).
  5. Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 3 oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.
  6. Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 4 oleh Abipraya-Deta, KSO.

Untuk 2 Paket Manajemen Konstruksi Pembangunan 47 tower Rumah Susun ASN yaitu:

  1. Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Susun ASN 1-2, oleh PT Wiratman Cipta Manggala KSO, PT Pola Teknik Konsultan, dan PT Bangun Sejajar Prima.
  2. Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Susun ASN 3-4, oleh PT CEC KSO PT CCM-PT ARETAS.

Sebenarnya masih ada dua paket lainnya, yakni Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rusun Paspampres, dan Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rusun POLRI dan BIN yang rencananya bakal segera menyusul pada minggu terakhir September nanti.

Disadur dari kompas.com




Leave A Reply