Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lagi bikin 36 rumah buat para menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN). Sampe sekarang, udah ada sekitar 32 unit yang jadi. Targetnya sih semuanya selesai dan siap ditempatin sekitar pertengahan 2024.

Kepala Tim Balai Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, H. Hujurat, bilang kalo rumah-rumah untuk para menteri ini dirancang khusus biar bisa ngikutin lahan yang berkontur.

“Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri terdiri dari dua tipe rumah yang mengikuti kontur lahan, yaitu tipe upslope dan downslope,” terangnya dilansir dari laman Kementerian PUPR pada Selasa (26/09/2023).

Buat tipe upslope yang dibikin ada 25 unit, tipe ini khusus buat hunian yang lokasinya ada pada punggungan bukit, dengan elevasi belakang rumah lebih tinggi ketimbang elevasi jalan.

Sedangkan buat tipe downslope yang dibikin ada sebanyak 11 unit, tipe ini khusus buat hunian yang lokasinya ada di lereng bukit sehingga elevasi belakang rumah lebih rendah ketimbang elevasi jalan.

“Selain didesain untuk mengikuti kontur lahan sehingga meminimalisir cut and fill, Rumah Tapak Jabatan Menteri juga didesain untuk responsif terhadap iklim dan bencana,” kata Hujurat.

Iwan Suprijanto selaku Direktur Jenderal Perumahan nambahin, penggarapan konstruksi rumah ini dikerjakan secara paralel dengan penataan landscape.

Biar kondisi lingkungan tetap terjaga dan nyaman untuk ditinggali, maka dilakukan juga penghijauan dan penataan pedestrian bagi pejalan kaki di sekitar lokasi pembangunan

“Kami juga memasang panel surya sehingga memaksimalkan pemanfaatan energi listrik di unit hunian. Kami juga meminta agar pohon-pohon yang ada tidak ditebang, sekaligus terus melakukan penanaman pohon agar lingkungan tetap hijau dan asri,” ucap Iwan.

For your information, 36 rumah jabatan menteri yang lagi dibangun tuh ada di Persil 104 dengan lahan seluas 10,6 hektar, dan Persil 105 seluas 9,1 hektar.

Dari jumlah itu, 24 rumah bakal ada di Persil 104, dan 12 rumah di Persil 105. Semua lengkap dengan berbagai fasilitas – mulai dari PSU, meubellair, fasilitas umum, fasilitas sosial, sampe sistem Smart Design Building yang bisa akses internet dan wifi 100%.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply