Desain Rumah

Masang TV layar datar di dinding rumah tuh salah satu trik buat ngemaksimalin penggunaan ruangan sekaligus bikin ruangan jadi lebih lega dan rapi, tanpa harus ngubah apa-apa secara permanen. Memang idenya terkesan ngeri dan takut jatuh, tapi asal ada daya dukung yang baik, insya Allah aman-aman aja kok.

Nah, sebelum mulai masang TV di dinding, ada beberapa poin penting yang harus Kamu perhatiin biar prosesnya lancar dan aman:

1. Cek Ukuran VESA

Semua TV dan dudukan atau bracket-nya pake standar VESA. Nah, standar ini ngasih patokan tentang pola lobang di belakang TV buat pasang bracket-nya. Lu bisa konsultasi sama penjual TV buat dapetin ukuran VESA yang cocok. Ukuran VESA selalu berbentuk dua angka (misal: 200 x 200, 400 x 400, 400 x 600). Dan makin gede TV-nya, makin gede juga angka VESA-nya.

2. Kenali Jenis Dinding

Sebagian dinding rumah tuh dibuat dari bahan drywall, yang dipegang oleh tiang kayu atau logam. Kalo dinding rumah Kamu terbuat dari bahan drywall, berarti TV-nya nggak bisa dipasang di area drywall-nya, tapi harus di tiangnya. Kalo dindingnya terbuat dari batu bata atau kayu, maka Kamu bakal butuh baut tancap buat ngebantu pasangannya.

3. Pilih Dudukan TV yang Tepat

Bracket TV atau dudukan TV ada dalam berbagai model, jadi lo bisa pilih sesuai sama kebutuhan ruangan. Ada yang bisa diputer atau dimiringin biar TV-nya bisa diatur vertikal atau horizontal. Ada juga bracket yang bisa digerakin bebas dari dinding, jadi bisa dipindah-pindahin sesuai keinginan.

4. Pilih Spot Pemasangan

Pertimbangin dulu gimana cara Kamu buat nonton TV sebelum milih lokasi pasangnya. Pilih lokasi yang deket colokan listrik. Terus, lobang buat pemasangan bracket harus ditempatin di tengah-tengah tiang, biar nanti TV-nya bisa pas.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply