Perawatan Rumah

Lidah mertua emang salah satu tanaman yang bisa bener-bener adaptatif sama lingkungan sekitarnya. Meskipun bisa hidup dengan perawatan minim, tapi bisa aja kena penyakit yang bisa ngerugikan hidupnya.

Ini dia empat tanda kalo lidah mertua di rumah lo lagi gak sehat:

1. Daun jadi kuning atau coklat tua.

Kalo daun lidah mertua di rumah lo mulai kekuningan atau jadi coklat tua, kemungkinan tanaman itu kena infeksi bakteri, tergenang air, atau kebanyakan disiram.

2. Tanah bau anyir atau busuk.

Kalo lo nyium bau aroma yang menyengat atau busuk dari pangkal tanaman lidah mertua, kemungkinan besar tanaman lo udah kena infeksi jamur.

Cek akarnya, kalo keliatan lembek dan basah, itu bisa jadi tandanya. Akar yang sehat itu keras dan montok. Ini jadi bukti kalo tanaman lidah mertua lo kena infeksi jamur.

Infeksi yang paling sering nyerang tanaman lidah mertua adalah busuk akar. Busuk akar ini disebabin oleh penyiraman yang berlebihan. Cara nanganinya gampang, lo cukup ganti media saat ini dengan tanah yang baru dan segar.

3. Daun layu.

Cara cepet buat cek kesehatan lidah mertua adalah liat daunnya deket-deket, kalo ada yang menggulung atau ada bintik-bintik putih, itu mungkin tandanya ada hama atau bakteri. Salah satu hama yang suka nyerang lidah mertua itu kutu putih. Ini bisa bikin daun jadi bintik-bintik putih dan keliatan lemes banget.

4. Tanaman gak tumbuh.

Meskipun lidah mertua gak termasuk tanaman yang tumbuh cepet, tapi biasanya lo bisa liat pertumbuhannya setiap bulan. Kalo daunnya keliatan tetep kecil dan nggak berubah lama banget, mungkin itu tandanya tanaman itu butuh perhatian lebih.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply