Desain Rumah

Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Mandalika, NTB, tuh mengusung kearifan lokal dari Lombok.
Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (10/10/2023), sarhunta ini mengadopsi bentuk Bale Lumbung dan Bale Bonter sebagai rumah adat Suku Sasak.

Awalnya, tempat nginap ini adalah rumah-rumah yang kurang layak huni, tapi berkat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sekarang udah dirombak jadi 915 unit sarhunta.

Sarhunta dibagi di dua tempat, nih. Ada 300 unit di Lombok Tengah dan 98 unit di Lombok Utara. Trus, sekitar 517 unit ditingkatkan kualitasnya di sepanjang pintu masuk Mandalika.

Sarhunta di Lombok Tengah udah dilengkapi berbagai fasilitas biar wisatawan betah nginap. Ada tempat tidur yang nyaman, pendingin ruangan atau kipas angin, dan kamar mandi yang bersih.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, bilang kesiapan sejumlah penginapan di Lombok udah dipersiapin buat MotoGP Mandalika 2023 yang bakal digelar tanggal 13-15 Oktober 2023. Keren, kan?

“Kalau kita lihat persiapannya sudah hampir final. Kesiapan akomodasi telah kami cek, dari total 16.000 kamar dan tambahan juga homestay-homestay yang disiapkan di desa-desa wisata sekeliling Mandalika termasuk villa-villa yang sangat diandalkan ini juga sudah tersedia,” ucap Sandiaga, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab).

Menurut blio, semua persiapan buat pagelaran MotoGP Mandalika 2023 sudah berjalan sesuai rencana. Dia berharap balapan yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika tersebut bakal menarik perhatian karena ketatnya persaingan di puncak klasemen.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi sebuah balapan yang sangat menarik dan mendatangkan pengunjung di atas target dan penonton yang sangat antusias, karena berbeda poin antara posisi satu dan posisi duanya ini, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin ini cukup dekat,” tambahnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply