Investasi Properti

Investasi properti ini cukup menarik lho, soalnya dengan membeli properti buat dijadiin aset, Lo gak sekedar punya rumah, tapi juga bisa bikin pundi-pundi uang lo bertambah. Lo bisa nyewain atau ngejualnya, prosesnya pun terbilang sederhana, beli properti, tumbuhkan nilainya, lalu manfaatin deh nilai apresiasi atau pendapatan sewa.

Dengan pemahaman investasi properti yang baik, ini bisa banget lho menjadi landasan finansial yang kokoh, membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Nah, berikut adalah penjelasan keuntungan investasi properti dan jenis properti yang men-cuan-kan untuk dijadikan investasi:

Keuntungan investasi properti

1. Pertumbuhan Modal

Lu punya kontrol penuh atas harta lu, bisa ganti-ganti atau tingkatin nilai properti lu. Nilai properti bisa naik seiring waktu, tergantung sama faktor-faktor kyk kondisi pasar dan lokasi.

Kalo mau jual properti, pilih waktu yang tepat. Misalnya, kalo lagi booming di daerah lu, manfaatin tingginya permintaan buat dapetin harga jual maksimal.

2. Keuntungan Pajak

Investasi aset bawa manfaat pajak, kayak ngecilin biaya operasional dan depresiasi properti. Dengan ini, lu bisa hemat biaya perawatan dan dapet lebih banyak untung.

3. Properti Buat Disewa

Duit pasif dari nyewain properti bisa jadi sumber penghasilan tetep. Lu bisa dapetin tambahan duit dari properti yang disewain setiap bulan.

4. Investasi Lebih Stabil

Investasi di properti dianggep lebih aman daripada saham. Pasar real estat biasanya lebih bisa ditebak dan lebih gampang dijalanin, terutama buat investor pemula. Selain itu, nilai properti juga suka naik seiring inflasi. Lu bisa pake modal dari situ buat investasi dan dapet arus kas yang stabil.

5. Aset Fleksibel

Dengan investasi di properti, lu bisa pilih mau jual atau sewa. Kalo lu punya rumah liburan, bisa lu sewa pas lagi ngga dipake buat dapetin duit tambahan sekaligus bisa buat liburan sendiri.

Jenis Properti yang Bisa Jadi Investasi Menguntungkan

1. Residensial

Nge-sewa rumah jadi cara asyik buat investor nambah pundi-pundi. Investor beli properti buat disewain, trus dapetin duit sewa tiap bulannya. Bisa berupa rumah tapak, kondominium, apartemen, atau jenis bangunan tempat tinggal lainnya.

2. Komersial

Properti yang menghasilkan duit ga cuma tempat tinggal aja. Biasanya, properti usaha dipake khusus buat urusan bisnis.

Meski biaya perawatan dan renovasi propertinya lebih mahal, tapi untungnya juga bisa lebih gede. Sewa properti ini juga biasanya lebih tinggi harganya. Bisa berupa gedung apartemen yang dimiliki secara komersial atau toko ritel.

3. Campuran

Properti serbaguna bisa dipake buat urusan bisnis dan tempat tinggal sekaligus. Misalnya, satu gedung bisa punya toko ritel di lantai dasar, sementara di atasnya ada kosan atau tempat makan.

Investasi di properti bisa jadi cara seru buat punya aset jangka panjang. Beli properti, tingkatin harganya, dan dapet untung lewat kenaikan nilai atau uang sewa, itu prosesnya.

Tapi, paham soal risiko dan strateginya tuh penting banget sebelum mulai. Investasi di properti bisa jadi pondasi keuangan yang kokoh, bantu capai tujuan jangka panjang.

Disadur dari medcom.id

Leave A Reply