Ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 udah punya program kerja terkait perumahan di dalam visi misinya. Persoalan perumahan memang salah satu hal penting yang masih terjadi hingga saat ini. Karena itulah, pemerintah harus ada buat menangani permasalahan perumahan.

Dikutip dari detik.com, berikut adalah rangkuman program perumahan dari ketiga pasagan capres-cawapres pemilu 2024.

1. Anies-Cak Imin

Pasangan Anies-Cak Imin punya rencana buat urusan perumahan dalam program mereka. Dalam misinya buat mastiin kebutuhan pokok terjangkau lewat program pangan, energi, dan air. Di situ juga ada program perumahan yang mau mereka laksanakan. Anies-Cak Imin punya tujuan buat memudahkan akses ke hunian yang isinya:

  • Siapin tempat tinggal yang layak, dekat pusat kota, dan harganya gak bikin kantong bolong, buat semua orang, termasuk anak muda dan pekerja informal.
  • Sediain program KPR murah buat masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk anak muda yang belum punya rumah.
  • Sediain tempat tinggal yang layak dengan biaya sewa yang terjangkau.

Gak cuma itu, Anies-Cak Imin juga punya agenda khusus buat 28 kelompok masyarakat, salah satunya Gen Z dan Millenial, yang bakal dapet manfaat dari program ini. Buat Gen Z dan Millenial, mereka janjiin bakal sediain setidaknya 2 juta hunian terjangkau di pusat kota yang deket sama transportasi umum.

Terus, Anies-Cak Imin juga berharap bisa bisa ngecilin angka backlog jadi 8 juta unit di tahun 2029 nanti mengingat beberapa tahun ini angka backlog perumahan masih di atas 10 juta.

2. Ganjar-Mahfud

Pasangan Ganjar-Mahfud punya program perumahan namanya “Rumah Kita-10 Juta Hunian”. Program ini ngebantu bangun rumah baru atau renovasi, mulai dari rumah sederhana sampe rusunami atau rusunawa. Lokasinya juga strategis, deket pusat ekonomi, dan akses transportasi umum.

Fokusnya ke masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja informal, buruh, dan anak muda. Biayanya juga ringan dan gampang dicicil.

Terus, mereka juga punya program “Kampung Sehat” buat ngerapihin kampung kumuh di desa dan kota. Di sini ada hunian yang layak, sanitasi yang sehat, air bersih, fasilitas umum yang memadai, dan area hijau yang cukup.

Oh iya, ada juga program “4T Terintegrasi” yang menghubungkan tempat tinggal, tempat kerja, trotoar, sama transportasi umum. Jadi gampang buat nyambungin antar tempat pake transportasi yang gampang dijangkau, murah, dan tepat waktu. Terus ada trotoar buat yang suka jalan kaki juga.

3. Prabowo-Gibran

Pasangan Prabowo-Gibran punya 17 program prioritas, salah satunya soal perumahan. Mereka janji bakal bikin rumah murah dan sistem sanitasi buat warga desa dan rakyat yang butuh.

Mereka bilang, punya tempat tinggal yang layak dan terjangkau tuh hak dasar buat semua orang. Plus, pembangunan perumahan juga bisa bantu perekonomian, kurangin orang miskin, dan kurangin kesenjangan.

Menurut Prabowo-Gibran, pemerintah harus turun tangan ngebantu kasih perumahan yang terjangkau dan sanitasi yang oke buat yang membutuhkan. Mereka targetnya mau bangun atau renovasi 40 rumah per desa/kelurahan tiap tahun, sampe tahun kedua bisa tercapai 3 juta rumah.

Terus, mereka juga bakal bantuin cepetin penyediaan perumahan buat rakyat Indonesia yang belum punya tempat tinggal.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply