Desain Rumah

Banyak hal yang bisa lo lakuin buat naikin nilai dari sebuah properti atau rumah. Salah satunya adalah dengan bikin struktur tambahan di halaman seperti gazebo atau pergola. Nah, gazebo dan pergola ini berbeda lho meski sekilas tampak serupa.

Gazebo dan pergola ini punya perbedaan mendasar mulai dari tampilan, daya tahan, sampai ongkos bikinnya. Biar lo gak keliru ketika membangun struktur sekunder ini, berikut adalah perbedaan antara gazebo dan pergola seperti dilansir dari laman The Spruce.

1. Tampilan

Gazebo merupakan struktur tambahan atau struktur sekunder yang berdiri sendiri, beda dengan pergola yang terkadang nempel pada struktur utama. Desain atap pergola yang fleksibel bikin pemasangan pada struktur utama pada satu atau lebih dinding jadi lebih gampang.

2. Atap

Gazebo punya perlindungan yang lebih baik dari sinar matahari dan hujan ketimbang pergola. Soalnya, gazebo punya sistem atap yang tertutup seluruhnya, beda sama pergola yang atapnya terbuka sebagian.

3. Daya tahan

Biasanya gazebo lebih tahan lama ketimbang pergola karena desain arsitekturnya dan tentunya bergantung juga pada bahannya. Atap yang tertutup rapat menawarkan perlindungan lebih, jadi bikin umur gazebo makin panjang.

Pergola yang dibangun dan dirawat dengan baik tentunya bisa juga awet sampai bertahun-tahun. Tapi, namanya juga atapnya gak tertutup rapat pasti kurang maksimal dalam melindungi material lantai, apalagi pada pergola kayu yang bisa bikin kerusakan lebih cepat.

4. Bujet

Bujet bikin gazebo lebih mahal ketimbang pergola. Soalnya arsitekturnya yang lebih kompleks yang mana pasti butuh material yang lebih banyak. Apalagi kalau lo pengen bikin gazebo yang lengkap dengan semua tetek bengeknya, seperti lantai, pagar, dan tempat duduk.

Beda dengan pergola yang ongkos pembangunannya lebih murah ketimbang gazebo soalnya gak butuh banyak material dan tenaga kerja, bahan yang dikeluarin pun lebih sedikit.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply