Pembiayaan Properti

Para korban bencana longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada 6 Maret 2023 kemarin akhirnya mulai menerima rumah bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Ini merupakan penyerahan tahap pertama,” ucap Wan Siswandi selaku Bupati Natuna kepada Kompas.com, Minggu (10/12/2023).

Penyerahan bantuan yang langsung dilakukan oleh Bupati Natuna ini sejumlah 45 unit.

“Jadi yang mendapatkan untuk tahap pertama ini merupakan korban yang skala prioritas kerusakan rumah,” ujar Wan.

Wan bilang , dari musibah yang terjadi beberapa bulan yang lalu, selain banyak warga yang kehilangan nyawa berjumlah 50 jiwa, warga yang juga kehilangan rumah akibat tertimbun longsor juga banyak. Bahkan, dari semula usulan awal sebanyak 147 unit rumah, yang sudah di-acc baru 100 unit.

“Nah dari 100 unit ini, baru 50 persen yang sudah siap, selebihnya masih dalam penyelesaian. Ada 45 unit yang benar-benar sudah bias ditempati warga, sisanya akan bertahap,” ucap Wan.

“Pembangunan rumah bantuan untuk korban longsor Serasan ini menggunakan dana APBN, melalui Kementerian PUPR,” ucap Wan.

Berkat sinergi dan kerjasama berbagai pihak, proses pasca longsor bisa dilewati hingga detik ini, mulai dari masa pencarian, masa darurat sampai pada masa pasca bencana.

“Seluruh bantuan telah kami serahkan kepada yang membutuhkan. Proses penyerahan bantuan sudah disalurkan berdasarkan kualifikasi korban yang terdampak, hingga hari ini rumah bantuan juga kami serahkan sesuai skala prioritas kerusakan,” kata Wan.

Kini, Serasan tengah memasuki masa pembangunan pasca bencana. Termasuk di dalamnya soal pembangunan jalan.

“Kami juga mohon maaf kepada masyarakat Serasan yang saat ini jalannya masih berdebu, mudah-mudahan pembangunan ini dapat segera diselesaikan dan masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan ini,” tandas Wan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply