Beli Properti

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), atau yang biasa dipanggil Whoosh, udah resmi beroperasi secara komersial mulai Oktober 2023. Ini dia kereta cepat pertama di Asia Tenggara, bikin Indonesia ngegas di dunia transportasi modern, yang katanya bakal ngefek banget buat perekonomian sekitarnya, guys!

Salah satunya, yang paling kebayang sih sektor properti yang lagi naik daun banget sekarang. Bambang Ekajaya, seorang Pengamat Properti, bilang kalo adanya si Kereta Cepat Whoosh ini dengan empat stasiun pemberhentian pasti bakal mendongkrak perkembangan properti di sekitar trasenya.

“Khususnya Karawang, Padalarang, dan Tegalluar, akan mendorong pengembangan di area-area tersebut,” kata Bambang ketika dihubungi, Rabu (18/10/2023).

Diberitakan Kompas.id, Jumat (8/9/2023), Maria Herawaty Manik selaku Country Manager 99 Group Indonesia menilai, peresmian moda transportasi massal adalah langkah signifikan pemerintah yang berpengaruh pada masyarakat juga mentransformasi properti kawasan. Tak terkecualiperesmian Whoosh ini.

“Area yang semakin terkoneksi dengan beragam jenis transportasi publik terintegrasi mampu meningkatkan prospek ekonomi, mobilitas masyarakat, dan menumbuhkan antusiasme orang-orang untuk tinggal di kawasan sehingga berpotensi untuk pengembangan hunian dan komersial jangka panjang,” ujar Maria.

99 Group mencatat, pada semester I-2023, permintaan hunian di kecamatan sekitar empat stasiun KCJB mengalami peningkatan yang cukup signifikan ketimbang dengan semester II-2022.

“Permintaan hunian di kawasan Stasiun Halim tumbuh 26,2 persen, Padalarang tumbuh 26,3 persen, dan Tegalluar 34,4 persen. Dua nama terakhir masuk dalam kawasan Bandung Raya,” terangnya.

Melihat proyek ini, Joseph Ijong Dachlan selaku Marketing Manager Kota Baru Parahyangan (KBP) berpendapat bahwa Kereta Cepat Whoosh adalah peluang yang baik bagi pengembangan KBP. Dia lebih yakin dengan adanya kereta cepat ini, karena pemerintah menargetkan mendapatkan sekitar 30.000 penumpang per hari.

“KBP tentunya akan lebih mudah lagi diakses khususnya bagi trafik dari Jakarta sehingga kami berkesempatan untuk memberikan benefit kepada mereka baik dari sisi fasilitas komersil dan wisata maupun kebutuhan akan hunian,” ucap Ijong, Sabtu (14/10/2023).

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply