Dalam dunia properti, ada banyak banget tipe dan konsep rumah. Salah satu konsep rumah yang lagi hits banget sekarang adalah rumah yang punya konsep open space alias ruang terbuka. Konsep open space ini banyak dipilih buat rumah minimalis biar punya ruang yang luas, gak ada sekat, dan bebas pembatas ruangan. Makanya, rumah kaya gini juga bikin pemiliknya bisa leluasa nyusun desain interiornya.

Tapi, meski punya segudang kelebihan, konsep rumah open space ini juga punya kekurangan lho. Apa aja sih kelemahannya? Lanjut baca artikel berikutnya buat dapetin infonya!

Kekurangan Rumah Open Space

Boros Energi Listrik

Dalam rumah berkonsep open space, penggunaan listrik bisa jadi lebih boros terutama untuk alat-alat elektronik yang membutuhkan daya besar. Misalnya, ruangan yang luas mungkin butuh beberapa kipas angin atau AC, dan tentu aja butuh perangkat elektronik yang berkualitas.

Minim Privasi

Kalo kamu kepincut pengen punya rumah open space, pertimbangkan lagi kalo kamu juga pengen menjaga privasi di dalam rumah. Konsepnya yang terbuka bisa bikin orang lain dengan mudah nyelonong ngeliatin isi rumah, apalagi kalo rumahnya di dalam cluster yang gak punya pagar. Nah, buat jaga-jaga, bisa banget pake gorden buat ngebatasin pandangan dari luar.

Berisik

Imajinasikan lagi kalo lagi masak atau nyuci pake mesin cuci di dapur, sementara di ruang keluarga lagi ada TV yang nyala kenceng. Nah, ini nih yang jadi kekurangan rumah open space. Tanpa sekat, suara di rumah bisa kedengeran jelas banget, jadi bisa bikin berisik.

Gampang Berantakan

Ruangan di rumah dengan konsep open space kan biasanya luas banget. Nah, karena itu, agak sulit buat ngurus dan ngatur ruangan yang besar. Kalo ada satu bagian yang berantakan, langsung aja bisa ngeganggu estetika keseluruhan rumah.

Disadur dari pashouses.id

Leave A Reply