Mau nge-renov rumah? Nah, kalo lagi mau ngerenovasi rumah buat bikin hunian makin kece, bisa banget, kok. Tapi, banyak pemilik rumah yang merasa susah ngerenovasi karena budgetnya pas-pasan. Padahal, kalo direncanain dengan baik, renovasi rumah bisa dilakuin tanpa perlu ngabisin banyak duit.

Ada banyak trik renovasi rumah hemat yang bisa jadi panduan buat kamu tanpa harus ngerusak kualitas material dan tampilan rumahmu. Nah, berikut ini beberapa trik renovasi rumah hemat biaya yang bisa kamu coba.

Rencana Renovasi yang Matang Soal Budget

Bikin anggaran yang realistis. Realistis di sini artinya disesuaiin sama kemampuan duit kamu. Memang, boleh aja punya keinginan interior rumah yang wah, tapi coba lagi deh tanyain, apa keinginan kamu tuh cukup realistis?

Kemudian, cari tau harga material yang mau dipake. Hitung juga biaya tukang, kalo perlu bikin list detail semua pekerjaan yang bakal dilakuin buat ngecek biayanya. Oh ya, jangan lupa sisihkan buat dana darurat ya.

Cek Harga Material Bangunan dan Tukang

Sebelum mulai renovasi, cari tau dulu harga material bangunan yang bakal kamu pake. Ini beberapa langkah yang bisa kamu lakuin:

  • Jelajahi beberapa toko bangunan di sekitar kamu buat liat kisaran harga dari berbagai macam bahan bangunan.
  • Konsultasiin juga sama arsitek atau kontraktor yang berpengalaman buat minta saran soal pilihan material yang berkualitas tapi juga ekonomis.
  • Manfaatin internet buat riset harga pasar dan bandingin harga dari toko yang lagi nawarin diskon terbaik.
  • Gabung sama komunitas atau forum online yang bahas soal renovasi rumah buat dapetin info soal harga dan kualitas material.

Gak cuma riset harga bangunan aja, tapi juga penting buat pilih tukang yang bener. Pilih tukang atau kontraktor yang tepat itu penting buat jaga biar renovasi rumah kamu tetep sesuai budget. Kamu bisa minta rekomendasi dari temen atau keluarga yang udah pernah renovasi rumah sebelumnya.

Kalo bisa, coba liat dulu portofolio kerja yang udah mereka lakuin sebelumnya. Pastiin juga buat bikin kesepakatan, mulai dari biaya tukang, jadwal kerja, sampe hal-hal lainnya yang penting, dan semuanya itu harus tertulis buat hindarin masalah di kemudian hari. Jangan lupa juga buat negosiasiin harga biar lebih hemat.

Tentuin Prioritas Renovasi

Tips renovasi rumah hemat biaya lainnya tuh buat tentuin prioritas renovasi. Emang enak sih kalo bisa renovasi rumah sekaligus, tapi kalo budgetnya terbatas, bisa jadi kendala. Jadi, cobain deh renovasi rumah secara bertahap dengan jelas tentuin skala prioritasnya.

Pakai Barang Bekas buat Dekorasi

Nah, kalo mau hemat biaya renovasi, coba deh manfaatin barang-barang yang udah ada di rumah buat dekorasi. Material daur ulang atau hasil restorasi bisa jadi alternatif keren buat bikin rumah makin kece. Selain bisa ngirit duit, kamu juga bisa bantu jagain alam dan lingkungan dengan mendaur ulang barang-barang di rumah.

Kerjakan Sendiri

Gak semua proyek renovasi butuh bantuan tukang yang bisa nambahin budget, lho. Kalo bisa, coba deh kerjain sendiri. Beberapa proyek renovasi rumah yang kecil-kecilan, kayak ganti cat, pasang ubin, betulin atap, atau bikin perabotan atau furniture kecil, bisa kamu lakuin sendiri atau yang biasa disebut proyek Do It Yourself (DIY). Tapi, kalo proyeknya lebih kompleks dan berisiko, mendingan serahkan ke ahlinya, misalnya kerjaan kelistrikan buat jaga-jaga keamanan.

Disadur dari pashouses.id

Leave A Reply