Kalau orang Jawa punya sego jagung, orang Cirebon punya sego Jamblang. Kuliner ini jadi favorit penduduk lokal dan para pelancong.

Sesuai namanya, dalam bahasa Cirebon, nasi disebut “sega”. Sedangkan Jamblang adalah nama desa di Cirebon. Hidangan ini jadi salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib dicoba.

Nasi jamblang muncul berbarengan sama pembangunan Jalan Raya Anyer-Panarukan yang diinisiasi Jenderal Deandles.

Kayak makanan khas Cirebon lainnya, nasi Jamblang juga punya unsur sejarah yang kental di hati penduduk setempat. Kemunculannya hampir barengan sama pembuatan Jalan Raya Anyer-Panarukan yang diprakarsai Jenderal Deandles. Gak heran, pembangunan jalan itu juga melibatkan banyak masyarakat Cirebon.

Karena gak dapet upah yang layak, banyak pekerja yang tewas karena kelaparan. Meski bawa bekal nasi dari rumah, nasi jadi basi kalau lebih dari 10 jam gak dimakan atau dihangatkan.

Ngeliat kondisi itu, warga Jamblang nemuin cara biar nasi gak cepet basi, yaitu dengan bungkus nasi pake daun jati.

Nasi Jamblang asli bisa tahan sampai tiga hari kalau dibungkus daun jati.

Neiza (2009:30) dalam buku “Jalan-jalan ke Cirebon” juga bilang kalau nasi Jamblang yang asli bisa tahan sampai tiga hari asal tetep dibungkus daun jati. Gak heran kalau sega Jamblang dulunya sering jadi bekal pasukan gerilya biar gak kelaparan saat sembunyi dari pasukan Belanda.

Lama-lama, masyarakat Jamblang mulai jual nasi bungkus daun jati ini di pasar. Disajikan dengan lauk seperti cumi bertelur, pepes rajungan, ikan panjelan, dan sambal, nasi Jamblang enak banget disantap buat sarapan sebelum mulai hari. Berkat berbagai inovasi, sekarang nasi Jamblang juga disajikan dengan berbagai pilihan lauk yang lebih variatif.

Sekarang, nasi Jamblang disajikan dengan pilihan lauk yang beragam.

Pengen nyicipin nasi Jamblang yang legendaris? Kunjungi Jalan Raya Jamblang, di situ banyak warung yang jual nasi bungkus spesial ini. Siapin uang sekitar dua puluh ribu rupiah, dan nikmatin lezatnya nasi Jamblang yang bakal ngenyangin perut dan bikin hati senang.

Disadur dari indonesiakaya.com

Leave A Reply