Beli Properti

Banyak hal yang harus Kamu perhatikan ketika hendak membeli properti, termasuk di dalamnya sebuah unit townhouse. Faktor yang terpenting dan wajib Kamu perhatikan adalah faktor lokasi.

Ingat, hanya pembeli townhouse dengan lokasi terbaiklah yang akan mempunyai properti paling berharga. Karena itu, tentu Kamu tak ingin membuang duit banyak cuma buat beli townhouse yang nilai propertinya rendah.

Mungkin kedengaran klise, tapi semua agen properti bakalan kompak ngomong bahwa 3 faktor paling penting ketika mengakuisisi properti adalah lokasi, lokasi, dan lokasi.

Kebanyakan orang ketika memutuskan untuk membeli sebuah unit townhouse adalah berdasarkan faktor kesukaan mereka saja.

Namun, harus diingat ketika Kamu membeli unit townhouse berarti Kamu juga turut membeli sebidang tanah. Rumah memang bisa dipermak, tapi posisi rumahkan gak mungkin bisa dipindah-pindah. Fakta ini paling kentara di pinggiran kota.

Meskipun membeli townhouse di pusat kota sekalipun, alangkah baiknya Kamu tidak berinvetasi di lokasi yang sembarangan. Pemilihan lokasi properti bisa menjadi investasi yang “baik” atau “buruk” dengan cara yang sama seperti lingkungan rumah.  

Biasanya lokasi yang dinilai baik untuk pembeli rumah tersedia akses transportasi, sekolah unggulan, dan lingkungan sosial yang baik.

Yang kedua, Kamu harus ingat bahwa lokasi yang baik atau lokasi yang buruk tidak akan bertahan selamanya. Kota kecil, dan bahkan daerah pinggiran kota terus mengalami perkembangan dalam beberapa tahun ke depan. Bisa saja area yang dulunya tidak populer, justru berkembang menjadi sentra bisnis baru.

Karena itu, Kamu bisa berkonsultasi dengan seorang agen properti sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit townhouse. Jangan lupa, pelajari pula prospek lokasi yang akan Kamu pilih dalam beberapa tahun ke depan sehingga Kamu tak merasa dirugikan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply